Menengok Cagar Budaya Gua Sentono di Sleman Yogyakarta

Gua Sentono Sleman
Gua Sentono di Sleman, DIY.

TURISIAN.com – Sobat Turisian pecinta wisata sejarah dan budaya, wajib merapat ke Gua Sentono yang terletak di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Salah satu cagar budaya di Sleman tersebut merupakan gua buatan yang sudah ada sejak abad 9 – 10, pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Keberadaan situs yang satu ini telah tercatat sejak masa Hindia Belanda. Pada saat itu, situs ini belum disebut gua. Catatan Belanda hanya menyebutnya sebagai ceruk (nissen).

Keunikan Gua Sentono Sleman ini memiliki tiga buah gua yang terpahat di dinding cadas dan meghadap ke arah barat daya. Ketiga gua itu berada di dalam satu garis berjajar. Untuk yang pertama, di dalamnya Sobat Turisian bisa melihat lingga yoni yang terpahat menyatu dengan lantai gua (monolith).

Bergeser ke dinding sebelah utara terdapat arca yang menggambarkan Durga Mahisasuramardhini. Lalu di dinding sebelah selatan, Sobat Turisian bisa melihat relief arca yang menggambarkan Agastya dan Nandiswara.

Lanjut ke bagian dinding atas Gua Sentono Sleman terdapat lukisan yang menggambarkan seorang tokoh duduk di atas lapik berbentuk persegi empat. Ada pula dua lukisan berupa sulur-sulur yang terbuat dari bahan cat hitam.

Baca juga: Situs Gua Jepang Berbah Sleman, Menarik Dikunjungi Pecinta Wisata Sejarah

Kemudian pada dinding gua kedua, Sobat Turisian akan menemukan relief yang menggambarkan arca. Untuk arca yang di tengah dalam posisi duduk di atas lapik segiempat dengan sikap Dharmacakramudra. Dua arca yang berada di sisi kanan kirinya berdiri dengan sikap Tribangga.

Di depan arca tersebut, terdapat lingga yoni dengan posisi berada di tengah. Lalu di bagian muka Gua Sentono Sleman yang kedua terdapat lubang berbentuk segiempat. Kemungkinan dahulu berfungsi sebagai penampungan air pada saat pemujaan lingga yoni.

Pada bagian dinding gua yang ketiga, terdapat relief yang belum selesai. Terus di tengah lantai gua, Sobat Turisian bisa melihat lubang berbentuk segi empat. Kemungkinan dulu berfungsi untuk menempatkan objek pemujaan.

Lokasi & Rute ke Gua Sentono Sleman

Objek wisata sejarah dan budaya ini berlokasi di Dusun Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Gua ini berada di sebelah tenggara Candi Abang dan cukup dekat. Hanya berjarak sekitar 444 meter.

Untuk datang ke situs Gua Sentono Sleman, Sobat Turisian sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Sebab belum tersedia jalur angkutan umum menuju lokasi gua tersebut.

Baca juga: Menikmati Bird Watching Ribuan Burung Kuntul di Desa Wisata Ketingan Sleman

Rute jika Sobat Turisian menggunakan kendaraan pribadi atau sewa bisa melalui Jalan Jogja-Solo menuju Pertigaan Pasar Prambanan. Dari situ teruskan ke Jalan Jogja-Piyungan. Selanjutnya ikuti petunjuk ke arah Candi Abang sampai tiba di gua tersebut.*

 

 

Sumber & Foto: Disbud Kab. Sleman

Pos terkait