Situs Gua Jepang Berbah Sleman, Menarik Dikunjungi Pecinta Wisata Sejarah

Gua Jepang Berbah Sleman
Gua Jepang Berbah Sleman, DIY.

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang suka dengan wisata sejarah, wajib berkunjung nih ke objek Gua Jepang di Berbah, Kabupaten Sleman. Gua ini sangat unik dan cukup eksotik karena memiliki 4 pintu yang dibuat di sebuah bukit padas atau cadas.

Lokasinya masuk wilayah Blambangan, Kelurahan Jogotirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Situs gua ini pun sudah tercatat sebagai Bangunan Cagar Budaya Sleman sejak 2017 lalu.

Menurut sumber sejarah, pembangunan Gua Jepang Berbah oleh tentara Jepang sekitar tahun 1942- 1943. Fungsinya sebagai tempat berlindung dan penyimpanan senjata.

Selanjutnya, setelah tentara Jepang menyerah kepada Indonesia, pada masa itu gua tersebut masih berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata. Namun penggunaannya oleh tentara Indonesia sampai tahun 1966.

Secara fisik, Gua Jepang Berbah ini cukup mencolok dengan sebuah halaman yang cukup luas di depannya. Terdapat 4 lobang atau pintu masuk ke dalam gua di kaki tebing yang menjulang cukup tinggi. Keadaan lingkungannya cukup bersih dan juga asri karena memang jauh dari keramaian jalan utama.

Baca juga: Menikmati Bird Watching Ribuan Burung Kuntul di Desa Wisata Ketingan Sleman

Tempat wisata sejarah inipun sangat menarik untuk kegiatan hunting foto-foto cantik nan eksotik, tentunya juga instagenic banget. Berswafoto dengan latar tebing dan lubang gua ini, menjadi pilihan banyak pengunjung.

Hingga objek wisata tersebut sempat ramai di jagat maya karena banyaknya pengunjung yang mengunggah foto-foto mereka berlatar gua di medsos.

Lorong di Gua Jepang Berbah

Begitu Sobat Turisian masuk dari 4 pintu gua yang menghadap ke barat ini, akan menyusuri lorong menuju ke sebuah lorong lagi yang berada di bagian tengah gua. Masing-masing lorong mempunyai karakter dan ukuran tersendiri.

Berikut ini lorong-lorong Gua Jepang Berbah yang menarik buat kegiatan wisata susur gua, di antaranya:

  1. Lorong Gua I, mempunyai ukuran lebar pintu 1,95 meter, tinggi 2,10 meter, panjang lorong 38,20 meter. Lalu lebar lorong 2,60 meter dan tinggi lorong 2,10 meter;
  2. Lorong Gua II, ukuran lebar pintunya 2 meter, tinggi pintu 2 meter, panjang lorong: 13,25 meter. Kemudian lebar lorong 40 meter serta tinggi lorong 3 meter;
  3. Lorong Gua III, lebar pintunya berukuran 2 meter, tinggi pintu 2,20 meter, dan panjang lorong: 38,70 meter. Sedangkan lebar lorong 2,60 meter dan tinggi lorong 2,30 meter;
  4. Lorong Gua IV,  memiliki ukuran lebar pintu 2 meter, tinggi pintu 2,20 meter, panjang lorong: 13,10 meter. Lalu lebar lorongnya 4,40 meter dan tinggi lorong 3 meter.

Baca juga: Asyiknya Nongkrong di Warung Kopi Klotok Sleman

Sebagai destinasi wisata sejarah, Gua Jepang Berbah sudah meyediakan berbagai fasilitas pendukung wisatawan. Antara lain area parkir kendaraan, musala, kamar mandi/MCK, tempat istirahat, warung makan, dan lainnya.*

 

 

Sumber & Foto: Disbud Kab. Sleman

Pos terkait