Cantiknya Pesona Alam Pantai Poganda Banggai Kepulauan!

Pantai Poganda
Pantai Poganda di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. (Source: Dispar Sulteng)

TURISIAN.com – Banggai Kepulauan merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang berupa kepulauan. Sehingga memiliki pesona alam yang menawan, terutama keindahan pantainya. Salah satunya Pantai Poganda. Sobat Turisian pecinta wisata bahari wajib berkunjung ke sini.

Lokasi destinasi wisata pantai tersebut terletak di Dusun Poganda, Luk Panenteng, Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Sangat cocok buat tujuan wisata Sobat Turisian bersama keluarga atau teman.

Di Pantai Poganda, Sobat Turisian bisa bersantai atau healing melepas kepenatan karena suasananya masih asri dan cukup tenang. Lebih menarik lagi, kalian juga bisa menikmati kendahan bawah laut dengan snorkeling atau diving di satu area.

Keindahan pesona alam pesisirnya bakal memanjakan mata Sobat Turisian hingga malas untuk beranjak. Tampak hamparan pasir putih dan air yang sangat jernih, membuatnya bak surga yang ada di Indonesia. Belum lagi sapaan nyiur melambai pohon kelapa di perkebunan warga yang tersentuh angin, menambah eksotisme khas kepulauan tropis.

Tempat ini juga menyediakan bangunan dari bambu dan beratap daun kelapa yang berada di sepanjang garis pantai. Sangat pas buat tempat istirahat yang nyaman, sambil menikmati keindahan alam nan eksotis di Pantai Poganda.

Bukan hanya itu, objek pantai di Banggai Kepulauan yang satu ini memiliki ombak yang relatif tenang. Sehingga aman untuk Sobat Turisian bersama keluarga melakukan berbagai aktivitas seru di air. Seperti berenang, diving, snorkeling, atau hanya sekadar bermain air bersama sang buah hati.

Baca juga: Liburan ke Pantai Tanjung Karang Donggala yang Indah dan Menyenangkan

Sobat Turisian pun dapat melihat ikan-ikan dari atas dermaga kecil. Sekaligus menyaksikan aktivitas masyarakat yang sedang memancing ikan di sekitaran Pantai Poganda. Jangan lewatkan juga spot hamparan karang dengan kedalaman 2 – 4 meter sejauh kurang lebih 10 meter dari tepi pantai.

Enaknya lagi, spot perkebunan kelapa, pantai pasir putih, area snorkelling dan diving berada dalam satu areal yang sangat berdekatan. Sehingga memudahkan Sobat Turisian untuk mengeksplorasinya.

Fasilitas Wisata Pantai Poganda

Sebagai tempat wisata, pantai tersebut sudah mempunyai fasilitas yang cukup memadai. Tersedia penginapan berupa guest house (kamar di rumah penduduk) atau homestay yang akan memberikan pengalaman berkesan untuk anda.

Bagi Sobat Turisian yang berminat untuk melakukan diving di Pantai Poganda, bisa memanfaatkan jasa agen travel yang telah tergabung dengan club diving. Mereka menyediakan peralatan dan master dive yang cukup lengkap.

Ada pula fasilitas beberapa ayunan di pantai yang tersaji guna mempercantik pantai. Serta menjadi spot foto untuk mengabadikan kenangan Sobat Turisian saat berkunjung. Baik untuk kebutuhan dokumentasi semata atau bahkan untuk tujuan komersial.

Karena alam Pantai Poganda sangat instagramable dan bahkan sangat epic untuk menjadi latar foto prewedding. Selain itu, Pantai Poganda juga memiliki panorama sunrise dan sunset yang luar biasa, sehingga sayang untuk kalian lewatkan.

Sementara untuk harga tiket masuk ke destinasi wisata pantai ini, relatif sangat murah, berkisar dari Rp2000,-/orang hingga Rp5000,- /2orang. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

Akses Menuju Pantai Poganda

Untuk menuju objek pantai ini, Sobat Turisian bisa menempuhnya sekitar 2 jam dari pusat Kabupaten Banggai Kepulauan. Atau sekitar 2,5 jam dari Luwuk melalui perjalanan laut bersama agen travel yang berbasis di Luwuk.

Baca juga: Berkunjung ke Desa Wisata Mbuang-Mbuang, Punya Banyak Destinasi Menarik

Perjalanan ke Pantai Poganda tersebut tak akan terasa bosan. Pasalnya keindahan alam sekitar akan selalu membuat Sobat Turisian terpesona dan menyenangkan. Pastikan pula untuk tidak meninggalkan sampah setelah berkunjung ke sini, agar kelestarian lingkungannya tetap terjaga.*

Pos terkait