Berkunjung ke Desa Wisata Mbuang-Mbuang, Punya Banyak Destinasi Menarik

Desa Mbuang-Mbuang
View dari Bukit Popisi Desa Mbuang-Mbuang, Banggai Laut. (Source: Disparbud Banggai Laut)

TURISIAN.com – Liburan ke sebuah desa dengan beragam destinasi wisata menarik menjadi keinginan banyak orang. Nah untuk mewujudkan keinginan tersebut, Sobat Turisian bisa coba berkunjung ke Desa Wisata Mbuang-Mbuang.

Desa wisata ini terletak di bagian selatan Pulau Banggai, Sulawesi Tengah. Masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut. Dengan luas wilayah kurang lebih 108,5 hektare.

Untuk menuju Desa Mbuang-Mbuang ini, Sobat Turisian harus melalui jalur laut dengan menggunakan kapal reguler dengan perjalanan selama 7 jam. Atau naik speed boat dengan durasi perjalanan lebih cepat, sekitar 2 jam dari ibu kota Kabupaten Banggai Laut.

Potensi desa wisata terletak pada ekosistem perairan laut dan terumbu karang dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Sehingga berfungsi sebagai sumber daya ekologis dan ekonomis bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

Daya Tarik Wisata Desa Mbuang-Mbuang

Daya tarik Desa Wisata Mbuang-Mbuang juga terletak pada potensi objek wisatanya. Seperti Danau Ubur-Ubur (Paisu Batongan) yang unik karena ubur-ubur di sana tak menyengat. Lalu ada kawasan perlindungan terhadap spesies langka seperti kima dan spesies endemik Banggai Cardinal Fish.

Baca juga: Danau Tambing Poso, Spot Camping dan Birding yang Menarik

Sobat Turisian juga bisa menikmati keindahan bawah laut di desa ini, ada aneka jenis terumbu karang yang tampil warna-warni dan biota laut lainnya. Khusus untuk perlindungan terhadap kima, wilayah perairan ini kemudian disepakati sebagai lokasi “Taman Kima”.

Ada lagi yang tak kalah memukau, yaitu objek wisata Bukit Popisi. Sebuah gugusan pulau kecil yang sekelilingnya merupakan lautan yang berwarna kebiru-biruan yang menakjubkan. Tak sedikit wisatawan yang menyebut bukit ini mirip dengan Raja Ampat di Papua.

Keberadaan Danau Ubur-Ubur, Bukit Popisi, dan Taman Kima tersebut telah menjadi ikon dari Desa Mbuang-Mbuang. Sekaligus sebagai daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara.

Wisata Bahari Desa Mbuang-Mbuang

Bukan hanya ekosistem perairannya yang menarik, Desa Mbuang-Mbuang juga memiliki potensi wisata bahari yang memesona. Di antaranya wisata pantai berpasir putih, gua, pulau, gunung, bukit, dan pemandangan alam lainnya.

Baca juga: Liburan ke Kepulauan Togean, Alam Indah dan Aktivitas Wisatanya Seru!

Hebatnya lagi, masyarakat di desa ini memiliki rasa kepedulian terhadap pelestarian habitat sumber daya ikan. Hal ini dapat terlihat dari adanya kesepakatan masyarakat untuk melakukan proteksi terhadap habitat terumbu karang dari aktivitas penangkapan yang merusak, seperti penggunaan bom dan bius.*

Pos terkait