Lava Bantal Berbah Sleman, Wisata Geo Heritage Bekas Aliran Lava Gunung Api

Lava Bantal Berbah
Lava Bantal Berbah, Sleman, Yogyakarta. (dok: geoheritage.jogjaprov )

TURISIAN.com – Wisata Lava Bantal Berbah menjadi salah satu pilihan menarik buat Sobat Turisian kala liburan di Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Objek wisata ini merupakan Wisata Geo Heritage untuk mengulik sejarah terjadinya Pulau Jawa. Sobat Turisian akan melihat bebatuan yang berbentuk unik di sebuah aliran sungai.

Batuan-batuan tersebut diyakini merupakan lava cair hasil erupsi gunung api yang dulunya bersuhu tinggi. Lantas membeku dengan cepat karena terkena aiir, hingga membentuk gumpalan-gumpalan batu yang menyerupai bantal dan terkenal dengan sebutan Lava Bantal Berbah.

Dengan penampilannya itu, bebatuan yang ada di sini terkenal dengan sebutan lava bantal. Hingga akhirnya lava bantal ini dipercaya sebagai bukti yang menunjukan proses awal gunung api purba di pulau Jawa.

Lava Bantal Berbah ini terdapat di sisi aliran Sungai Opak. Keberadaannya semakin mempercantik sungai tersebut. Selain sebagai objek wisata yang menarik dan unik, lava bantal ini juga kerap menjadi untuk objek penelitian studi.

Baca juga: Desa Wisata Kali Opak Tujuh Bulan Sleman, Wisata Kekinian dengan Spot Foto Instagrammable

Fenomena bebatuan seperti ini hanya bisa Sobat Turisian temui di beberapa bagian selatan Jawa saja selain di Berbah. Temuan serupa juga dapat kalian lihat di Bayat Klaten, Pacitan Jawa Timur dan Jampang Jawa Barat.

Namun uniknya di Sleman ini, dalam satu lokasi dengan Lava Bantal, berada tepat di seberang Sungai Opak ada fenomena lain. Berupa endapan debu vulkanik yang cukup tebal. Beberapa pihak meyakini endapan ini sebagai bukti adanya erupsi gunung api strato di masa silam.

Daya Tarik Lain Wisata Lava Bantal Berbah

Selain aliran sungai yang berpadu dengan batuan lava, Sobat Turisian yang berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa menikmati suguhan pemandangan alam yang memesona. Tampak hamparan padang rumput nan hijau yang cukup luas.

Suasananya pun masih asri dan udaranya yang sangat sejuk membuat betah dan nyaman. Hal ini pun menjadikan Wisata Lava Bantal Berbah makin banyak peminatnya.

Baca juga: Nongkrong Asyik di Kopi Opak, Tempat Ngopi Paling Hits di Jogja

Di samping itu, kawasan wisata ini juga telah terintegrasi dengan wisata Embung Tegaltirto. Kedua wisata tersebut ternyata terletak di sisi timur dan barat Sungai Opak, Sleman , Yogyakarta.*

 

Pos terkait