Menikmati Bird Watching Ribuan Burung Kuntul di Desa Wisata Ketingan Sleman

Desa Wisata Ketingan
Atraksi alam Burung Kuntul di Desa Wisata Ketingan Sleman, DIY. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang senang dengan aktivitas satwa di habitat aslinya, bisa main ke Desa Wisata Ketingan. Salah satu desa wisata di Sleman, DI Yogyakarta (DIY) yang memiliki keunikan berupa atraksi alam dari kehidupan ribuan burung kuntul.

Lokasinya berada di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, DIY. Desa ini menawarkan wisata yang unik dan berbeda dari kebanyakan desa wisata lainnya karena memiliki spot bird watching atau pengamatan burung di alam bebas.

Di Desa Wisata Ketingan, Sobat Turisian bisa melihat kehidupan Burung Kuntul. Ini merupakan fenomena unik karena burung tersebut hanya tinggal di Desa Ketingan. Jumlah Kuntul yang tinggal di sini tidak main-main mencapai ribuan ekor. Sehingga mengamatinya menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Bahkan Sobat Turisian tak hanya melihat bentuk Burung Kuntul yang cantik, tapi juga bisa memanjakan diri dengan suara burung yang bersaut-sautan. Hal ini tentu akan memberi pengalaman seru yang langka kalian jumpai.

Pengelola Desa Wisata Ketingan Yogyakarta ini sudah menyediakan pemandu yang siap menjelaskan seluk beluk Burung Kuntul, serta kehidupannya. Sehingga Sobat Turisian tidak hanya senang tapi juga mendapatkan wawasan baru.

Baca juga: Merasakan Sensasi “Live In” di Desa Wisata Tanjung Sleman

Nah ada pilihan waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena unik yang satu ini, yaitu di kala pagi dan sore hari. Penduduk desa setempat sangat peduli pada Burung Kuntul, sehingga menjadikan kawasan ini sebagai area konservasi burung.

Atraksi Wisata Menarik Lainnya

Selain aktivitas bird watching, di tempat ini Sobat Turisian juga bisa belajar tentang hal lain yang tak kalah menariknya. Di antaranya peternakan sapi penduduk, belajar bertani di sawah, hingga membuat masakan tradisional. Hebatnya lagi Desa Wisata Ketingan masih mempertahankan kesenian dan tradisi leluhurnya.

Kalau beruntung, saat Sobat Turisian berkunjung ke sana bisa menyaksikan upacara adat dan kesenian tradisional setempat. Seperti pada bulan September biasanya ada gelaran Upacara Adat Merti Bumi dengan rangkaian acaranya ada pagelaran wayang dan kirab. Jadi lebih semarak dan berkessan Sob!

Kemudian kalian juga bisa berkunjung ketika sedang panen raya karena ada penyelenggaraan Upacara Wiwitan yang biasa berlangsung mendekati musim panen padi. Jika Sobat Turisian berasal dari luar kota jangan khawatir kemalaman, karena pengelola Desa Wisata Ketingan sudah menyediakan banyak homestay dengan suasana khas pedesaan.

Baca juga: Asyiknya Nongkrong di Warung Kopi Klotok Sleman

Soal harga tak usah khawatir, sebab sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong Sobat Turisian. Uniknya, homestay di sini memakai sistem live in, jadi kalian akan tinggal di rumah-rumah penduduk dan bisa berinteraksi lebih dekat dengan penduduk setempat.*

 

Pos terkait