International Surfing Competition 2022 Bangkitkan Sport Turism Papua Barat

International Surfing Competition
Ilustrasi. Para peselancar (sufering) sedang menaklukan ombak besar. Dok. Pixabay.com

TURISIAN.com –  Event International Surfing Competition 2022 di Pantai Amban, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Selasa, 27 Desember 2022 bangkitkan sport turism di kawasan ini.

Seperti dilaporkan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) International Surfing Competition 2022 akan diikuti 22 atlet dari lima negara. Termasuk,  dari Indonesia sendiri.

Ketua umum PSOI Papua Barat Ronald Theo Oldte mengungkapkan kelima negara di luar Indonesia itu adalah Prancis, Belanda, Jepang, Italia dan Australia.

“Kami juga menyertakan atlet Papua Barat untuk belajar dan berkompetisi,” kata Theo di Manokwari, hari ini.

BACA JUGA: Kehadiran Wisata Kuliner Kaimana, Membuat Kaum Muda Papua Barat Kreatif

Menurut dia, ajang ini bersamaan dengan Eksibisi Surfing Papua Barat 2022.

​​​​”Untuk internasional hanya diikuti oleh atlet internasional. Setelah pertandingan ini akan ada eksibisi lokal Papua Barat yang melibatkan enam klub surfing,” kata Theo.

Dia berharap ajang ini membangkitkan gairah surfing atau selancar di daerahnya. Utamanya juga mendorong bangkitnya sektor pariwisata, khususnya sport turism.

BACA JUGA: Menyelami Keindahan Kali Biru Warsambin, Sungai Sebiru Kristal di Papua

“Kita punya aset pantai yang bagus dengan ombak yang mendukung, kita harap bisa membangkitkan semangat adik-adik kita pada olahraga surfing,” ujar Theo.

Sementara itu, Kepala dinas Pariwisata Papua Barat Ruland Sarwom menyebutkan olah raga selancar di Papua Barat bisa menjadi destinasi wisata baru.

Dimana nantinya, tidak saja bisa mendatangkan turis local, tetapi juga manca negara (internasional).

“Surfing terhitung baru bagi kita di Papua Barat. Kita harapkan bisa meningkatkan potensi wisata baru dengan bakat-bakat anak kita,” ujar dia.

Pemerintah provinsi Papua Barat mengaku serius mengembangkan cabang ini dengan menyediakan sarana dan prasarana penunjangnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait