4 Objek Gua di Perbukitan Sewu Pacitan, Menarik Buat Wisata Susur Gua

gua di pacitan
Gua Gong Pacitan

TURISIAN.com – Kabupaten Pacitan di Jawa Timur terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek gua yang memesona. Sebagian besar objek gua di Pacitan terletak di kawasan perbukitan Sewu.

Nah berikut ini ada empat objek gua di Pacitan yang memesona dan menarik bagi Sobat Turisian yang berminat wisata susur gua, antara lain:

1. Gua Tabuhan
Gua di Pacitan
Gua Tabuhan. (dok. Pemkab Pacitan)

Objek gua di Pacitan yang pertama ada Gua Tabuhan, yang terletak sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Posisinya tidak terlalu jauh dari Gua Gong dan hanya memiliki 2 ruangan besar. Tempat wisata gua ini mulai ramai pengunjung sejak 1998.

Semula gua ini bernama Gua Tapan karena sering dipakai orang untuk bertapa. Seiring dengan berjalannya waktu, gua ini lebih terkenal dengan Gua Tabuhan. Sebab warga setempat memakainya untuk kegiatan kesenian, dengan cara memukul stalagtit di dalam gua hingga mengeluarkan suara seperti tabuhan gamelan.

Baca juga: Jelajahi Keseruan di Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi

Lokasinya berada di Bukit Kapur Tapan dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang diyakini sudah berlangsung ratusan tahun lalu. Karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur.

Dengan panjang rata-rata stalagtit dan stalagmitnya hingga 7 meter dan diameter satu meter. Tampak menyerupai pilar-pilar raksasa yang sangat menakjubkan.

Tempat wisata ini masuk wilayah Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung. Sekitar 25 kilometer arah barat kota Pacitan.

2. Gua Song Terus

Gua di Pacitan

Wisata gua yang satu ini termasuk objek wisata sejarah karena menyimpan situs purbakala. Gua Song Terus ini terletak di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Di tempat ini Sobat Turisian bisa menyaksikan situs purbakala. Berupa tempat yang dulunya dihuni oleh para manusia purba yang hidup di Pacitan.

Baca juga: Hirup Udara Segar di Gili Iyang Sumenep, Tempat Wisata dengan Oksigen Terbaik

Pada tahun 1999, destinasi wisata ini mulai terkenal karena adanya penemuan sebuah rangka manusia purba yang diperkirakan telah berusia sekitar 10.000 tahun. Oleh para arkeolog dan warga setempat, kerangka manusia purba itu dinamakan Mbah Sayem.

3. Gua Song Keplek

Song Keplek

Lanjut lagi wisata susur gua Sobat Turisian di Pacitan ke Gua Song Keplek. Di sini Sobat Turisian bisa berwisata sambil belajar sejarah.

Di tempat ini pula ada penemuan artefak yang diduga peninggalan manusia purba yang tinggal di gua tersebut. Lokasi Gua Song Keplek ini berada tak jauh dari Gua Song Terus.

4. Gua Gong Pacitan

Nah objek gua di Pacitan yang terakhir menjadi yang paling populer di antara yang lain. Gua Gong ini sebagai pemegang predikat Wisata Gua Terindah se-Asia Tenggara.

Pesona Gua Gong Pacitan bersumber dari panorama indah stalaktit dan stalagmitnya. Gua ini memiliki kedalaman sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Keberadaannya muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang perkiraannya berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Baca juga: Rasakan Sensasi Berbeda di 4 Wisata Susur Gua Paling Ngehits Di Jabar Ini

Nama Gong pada gua ini berasal dari sebutan masyarakat. Mereka kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam gua. Gong adalah salah satu alat seni tabuh dalam kesenian gamelan Jawa.

Padahal faktanya, suara seperti gong tersebut merupakan hasil dari pantulan tetesan air alam di gua yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit gua tersebut.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Jatim

Pos terkait