Jelajahi Keseruan di Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi

Desa Wisata Osing Kemiren
Tradisi Barong Ider Bumi di Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi.

TURISIAN.com – Destinasi wisata di Banyuwangi pasti sudah tak asing lagi bagi sebagian Sobat Turisian. Apalagi wisata alamnya seperti Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan Pantai Pulau Merah. Namun di luar itu, Banyuwangi juga mempunyai daya tarik wisata lainnya yang unik dan menarik. Salah satunya Desa Wisata Osing Kemiren yang berada di Kawasan Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.

Desa Wisata Osing Kemiren atau Desa Adat Kemiren ini sudah terkenal dan digemari banyak wisatawan. Karena berhasil melestarikan kebudayaan, tradisi, adat istiadat, dan ritual leluhur Suku Osing secara turun-temurun di era modern. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik desa ini.

Keunikan Desa Wisata Osing Kemiren, yakni Suku Osing yang menempati desa ini memiliki budaya dan bahasa tersendiri yang disebut bahasa (Jawa) Osing. Selain itu, desa wisata di Banyuwangi ini pun memiliki kopi dengan kualitas jempolan yang masih diolah dengan cara tradisional. Sobat Turisian wajib coba!

Nah berikut ini ada 5 aktivitas seru yang bisa Sobat Turisian lakukan saat menjelajahi Desa Wisata Osing Kemiren!

1. Mencoba Tradisi Gedhogan di Desa Wisata Osing

desa wisata osing kemiren

Jika Sobat Turisian baru pertama datang ke desa wisata ini, akan terpikat dengan tradisi mereka yang paling terkenal, namanya Tradisi Gedhogan. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun-temurun dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang diterima.

Pada musim panen, para perempuan Suku Osing akan menampilkan sebuah pertunjukan seni yang unik. Yaitu memukulkan lesung dan alu diiringi alunan angklung dan tabuhan gendang yang merdu.

2. Belajar pembuatan kopi tradisional khas Osing

Mencicipi kopi khas Osing menjadi suatu keharusan saat berkunjung ke Desa Wisata Osing Kemiren, sebab rasanya terkenal nikmat. Panen kopi yang melimpah membuat banyak bermunculan kafe yang siap menemani Sobat Turisian ngopi di pagi atau sore hari.

Di desa wisata di Banyuwangi ini, Sobat Turisian juga bisa belajar cara membuat kopi sendiri. Nantinya Sobat Turisian bakal diajari cara menumbuk, menyangrai, menyaring biji kopi, dan juga cara menyajikan secangkir kopi.

Baca juga: 5 Camilan Khas Banyuwangi, Pas Buat Teman Minum Teh atau Ngopi

Sobat Turisian bakal mengetahui teknik tradisional menyangrai kopi menggunakan wajan bertungku tanah liat. Cita rasa khas kopi ini muncul salah satunya berasal dari pengaruh kayu bakar yang digunakan, sehingga aroma kopi menjadi lebih lembut.

3. Menikmati Tradisi Barong Ider Bumi Osing

Kunjungan ke Desa Wisata Osing Kemiren makin asyik dengan menyaksikan Tradisi Barong Ider Bumi. Salah satu ritual tahunannya suku Osing. Tradisi ini pertama kali hadir di tahun 1940-an.

Biasanya berlangsung di hari kedua setelah lebaran atau setiap tanggal 2 Syawal sejak pukul dua siang. Dalam pertunjukannya, warga akan mengarak Barong sebagai simbol kebaikan. Maksudnya, untuk mengusir hawa jahat yang mereka percaya dapat menghalangi kemakmuran seluruh desa.

4. Mengunjungi rumah adat Suku Osing

desa wisata osing kemiren

Begitu masuk kawasan desa ini, Sobat Turisian akan melihat rumah-rumah adat Suku Osing di kedua sisi jalan, dengan pintu ukiran kayu dan bentuk atap yang khas. Terdapat tiga jenis desain atap dari rumah adat tersebut, antara lain tikel balung (atap empat sisi), baresan (atap tiga sisi), dan crocogan (atap dua sisi).

Sambil berkeliling desa, Sobat Turisian juga bisa mengobrol dengan warga lokal sambil mempelajari budaya mereka lebih dalam. Seperti tradisi menyimpan batik dalam toples agar keindahan batik tetap awet. Serta tradisi khas mepe kasur atau menjemur kasur secara bersamaan di sepanjang jalan yang melambangkan sebagai penolak penyakit atau musibah.

5. Mencicipi kuliner lokal khas Osing

Aktivitas seru di Desa Wisata Osing Kemiren yang tak boleh terlewatkan, yakni mencicipi kuliner khasnya. Desa ini pun sering menggelar festival jajanan dan masakan khas Banyuwangi yang lezat dan otentik.

Selain mencicipi langsung kuliner lokal, Sobat Turisian juga bisa merasakan sensasi memasak kuliner Suku Osing yang otentik bersama warga. Salah satu menu andalan yang bisa Sobat Turisian coba adalah pecel pitik (ayam), tahu walik, dan uyah asem (ayam kuah asem) khas Osing.

Baca juga: Takjub, Melihat 1000 Patung Penari di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi

Itulah 5 aktivitas seru yang bisa Sobat Turisian lakukan di Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi! Wisata di Indonesia memang menarik dan memiliki ciri khas otentik di setiap daerahnya!*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait