4 Gerbang Ikonik Borobudur Ini Jadi Spot Menarik untuk Berswafoto

4 Gerbang Ikonik Borobudur
Para wisatawan saat mengunjungi Candi Borobudur. Foto: Getty Images/Miralex

TURISIAN.com – Libur panjang pekan ini rasanya sayang untuk terlewatkan. Bagi kalian yang kebetulan berada pada kawasan Borobudur, ada 4 gerbang ikonik Borobudur yang cukup menarik lho.

Tepatnya, tak jauh dari kawasan wisata terfavorit yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Tentu, rasanya kurang lengkap sebelum mengabadikan swafoto ke empat gerbang ikonik tadi.

Sekedar mengingatkan saja, keempat gerbang tersebut bangun Kementerian PUPR untuk melengkapi keberadaan kawasan Candi Borobudur yang sudah mendunia tersebut.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Candi di Sekitar Borobudur yang Menarik Dikunjungi

Dalam unggahan akun Twitter Kementerian PUPR pada Senin 23 Mei 2022 lalu, pembangunan empat gerbang masuk telah selesai.

4 gerbang ikonik Borobudur yakni meliputi Gerbang Blondo, Palbapang, Kembanglimus, dan Klangon. Masing-masing memiliki ikon yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur.

Pintu Masuk Arah Semarang

Gerbang Blondo

(Instagram/@kemenpupr)

Melansir rilis pers PT Brantas Abipraya (Persero), Gerbang Blondo merupakan pintu masuk dari arah Semarang. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Candi Borobudur.

Gerbang ini memiliki ikon berupa pohon kalpataru sebagai pohon hayat atau pohon kehidupan dan harapan dari kepercayaan terdahulu.

Gerbang Blondo juga menyediakan berbagai fasilitas seperti, musala, toilet, bike station, ruang MEP dan pengelola, serta area parkir.

BACA JUGA: Wapres Ma’ruf Amin Menikmati Candi Borobudur, Ada Paket Ini Lho

Gerbang Palbapang

(Instagram/@kemenpupr)

Gerbang Palbapang keberadaannya sebagai penanda kawasan dari arah Yogyakarta. Jaraknya dari Candi Borobudur sekitar 8 kilometer.

Gerbang yang memiliki ikon patung singa ini menyediakan hall atau ruang serbaguna, ruang pengelola dan MEP, toilet serta lansekap taman.

BACA JUGA: Kemegahan Candi Jiwa Karawang Berbentuk Teratai, Peninggalan Kerajaan Tarumanagara

Gerbang Kembanglimus

(Instagram/@kemenpupr)

Gerbang Kembanglimus merupakan gerbang terakhir yang dikerjakan Brantas Abipraya. Sebagai tanda pintu masuk dari arah Purworejo. Berjarak 4 kilometer dari Candi Borobudur.

Gerbang dengan ikon patung gajah ini lahannya paling luas, yakni sekitar 2 hektar. Fungsinya juga untuk menghidupkan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kembang Limus.

Fasilitasnya meliputi kios cinderamata, kios kuliner, musala, panggung terbuka, toilet, ruang utilitas dan pengelola, pendopo (hall multi fungsi) dan area parkir bus.

BACA JUGA: Harga Tiket Masuk Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Terbaru

Gerbang Klangon

(Instagram/@kemenpupr)

Gerbang Klangon merupakan penanda kawasan Borobudur dari arah Kulonprogo. Memiliki ikon perahu Samudra Raksa.

Penataan yang dilakukan meliputi pembangunan pusat informasi wisata dan sculpture Klangon, pusat kuliner, kios oleh-oleh, mushola, deck view point, area parkir, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPST), dan toilet.

Selain itu juga dilakukan penataan pedestrian/trotoar, drainase, street furniture, dan lansekap di jalur eksisting.

Serta dibangun relief dari batu sebagai ikon Gerbang Klangon dengan tema Samudraraksa, merupakan salah satu kapal kayu bercadik khas Nusantara yang mempresentasikan kebudayaan bahari purbakala.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Dilansir platform akomodasi tiket.com, harga tiket masuk Candi Borobudur hanya berkisar Rp 40.000 saja. Detailnya, berdasar katalog tiket masuk Candi Borobudur 2022 yakni:

  • Tiket WNI : Rp 48.000
  • Tiket WNA: Rp 348.000

*Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. ***

Pos terkait