Soto Gudangan “Sogud” Ungaran, Cita Rasanya Emang So Good!

Soto Gudangan Ungaran
Soto Gudangan khas Ungaran, Kabupaten Semarang. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Soto Gudangan menjadi salah satu makanan khas Ungaran, Kabupaten Semarang yang cukup unik. Memadukan dua makanan khas Jawa Tengah dan memiliki rasa yang so good sesuai dengan panggilannya “Sogud”.

Masyarakat Jawa Tengah pada umumnya mengenal soto dan gudangan adalah dua makanan berbeda. Soto makanan berkuah dan gudangan sejenis urap berisi aneka sayuran. Namun di Ungaran, keduanya berpadu menjadi sajian kuliner unik dan lezat.

Hidangan Soto gudangan atau Sogud ini merupakan hasil kreasi Warung Makan Soto Gudangan “Sogud” Bu Kusnin. Rasa sotonya dijamin nikmat dan akan membuat Sobat Turisian ketagihan saat menyantapnya.

Kuahnya berwarna kuning yang berasal dari soto dan ada isia  daging sapi yang segar tercampur bersama urap gudangan. Tentunya menghasilkan sensasi cita rasa yang nikmat, gurih, dan khas. Terlebih lagi saat Sobat Turisian menyantapnya dalam keadaan masih hangat bersama nasi putih. Wuih, sungguh menggugah selera rasanya

Adanya aneka sayuran sebagai topping, membuat soto ini juga kerap disebut soto sayuran. Tampak dalam soto ini ada taoge, daun bawang, daun kenikir, kacang panjang, sayuran bayam, dan tambah taburan bawang goreng di atasnya.

Baca juga: Berburu Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo Semarang

Sayuran itu bercampur dalam kuah kuning dengan daging sapi dan koyor sebagai pelengkapnya. Daging sapinya pun tidak alot alias lembut dan terasa empuk saat digigit. Begitu pula dengan koyornya yang tidak mengecewakan karena terasa sangat kenyal dan mudah untuk menelannya.

Jika Sobat Turisian ingin lebih puas lagi, bisa juga menambahkan tempe mendoan atau kerupuk sebagai pelengkap. Sehingga menambah kenikmatan dari Soto Gudangan.

Seporsi Soto Gudangan ini, Sobat Turisian cukup merogoh kocek sekitar belasan ribu saja. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah kenikmatan soto. Sobat Turisian juga dapat memesan secara terpisah, misalnya soto sapi atau gudangan saja.

Menu Lain dan Lokasi Warung Soto Gudangan Ungaran

Selain soto, warung itu pun menyediakan aneka minuman, mulai dari es jeruk, es kopi, es teh manis, dan masih banyak lagi. Tersedia pula menu makanan lainnya, seperti ramesan, mangut, dan aneka sayur oseng. Warung Soto Gudangan Bu Kusnin buka setiap hari, kecuali Minggu. Mulai dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang.

Berbekal keunikan dengan rasa lezat serta harga ramah di kantong, membuat Soto Gudangan banyak penggemarnya. Juga menjadi warung makan rekomendasi dan favorit saat berada di wilayah Ungaran.

Baca juga: Mencoba Kelezatan Wedang Tahu, Kuliner Legendaris Semarang

Lokasi Warung Soto Gudangan Bu Kusnin ini berada di Jalan MT Haryono, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.*

 

 

Pos terkait