Berburu Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo Semarang

Gunung Telomoyo
Pemandangan alam dilihat dari Gunung Telomoyo Semarang. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Banyaknya gunung di wilayah Indonesia melahirkan banyak spot untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset. Salah satunya di puncak Gunung Telomoyo yang berada di dua wilayah, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang.

Puncak Gunung Telomoyo masuk sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Indonesia, meskipun masih kalah pamor dengan spot sunrise di Wonosobo. Berada di ketinggian sekitar 1894 mdpl, Telomoyo menyimpan sejuta pesona keindahan. Dan kelebihannya dapat dicapai dengan kendaraan.

Berada di puncak Telomoyo, Sobat Turisian akan merasakan hawa dingin khas pegunungan dengan hembusan angin sedikit kencang. Di situ akan melihat pemandangan menakjubkan dengan hamparan hijau perbukitan dan gunung sekitar. Karya Tuhan yang sangat memesona, memanjakan mata, dan menenangkan jiwa.

Sunrise Terbaik di Telomoyo

Saat waktu sunrise tiba, sang mentari perlahan akan tampak dari ufuk timur dengan warna kuning keemasan. Jika Sobat Turisian datang pada saat yang tepat, tak ada awan atau kabut yang menghalangi, bisa mendapatkan foto sunrise yang terbaik dari Puncak Telomoyo. Berbagai sudut foto instagenik mudah didapatkan di tempat ini.

Pilihan waktu terbaik untuk menikmati sunrise di Puncak Gunung Telomoyo, yakni sekitar Agustus sampai Oktober. Pada bulan ini sudah memasuki musim kemarau sehingga lebih sedikit kemungkinannya terhalang kabut dan hujan. Waktu terbaik saat sampai di puncaknya, yaitu jam 5 pagi sampai jam set 6 pagi. Jadi jangan sampai terlewat atau terlambat sampai di puncak, ya Sob!

Baca juga: Lima Tempat Wisata Semarang yang Bikin Rileks

Selain berburu sunrise, Sobat Turisian bisa bersantai di tempat wisata Semarang ini sambil menikmati keindahan alam. Bisa juga berkemah, berswafoto dengan latar view yang fotogenik, sampai aktivitas paralayang.

Tips Berburu Sunrise di Puncak Telomoyo

Sedikit tips, pastikan kendaraan yang digunakan Sobat Turisian dalam kondisi fit. Perjalanan menuju puncak Gunung Telomoyo akan menemui banyak jalan menanjak dan berkelok. Di beberapa tempat masih terdapat jalan yang rusak dan licin. Jadi perlu ekstra hati-hati untuk sampai di lokasi.

Jika Sobat Turisian menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk membawa perbekalan secukupnya yang dibutuhkan selama berburu sunrise. Tujuannya untuk mengurangi beban saat menanjak dan kelebihan muatan yang tidak diperlukan. Bawa pakaian hangat juga agar tidak menggigil kedinginan saat menunggu sunrise.

Jangan lupa bawa kamera terbaik dengan lensa tambahan seperti lensa wide misalnya. Untuk kepuasan berburu potret panorama yang menakjubkan. Bukan hanya sunrisenya yang menarik tapi jika cuaca benar-benar cerah akan tampak gunung lain yang bisa menjadi latar foto ciamik.

Akses Menuju Lokasi Telomoyo

Gunung Telomoyo terbagi di dua wilayah kabupaten di Jawa Tengah. Nah bagi Sobat Turisian yang akan menuju ke sana, bisa berangkat dari arah Kota Semarang.

Baca juga: Menanti Pesona Keindahan Mentari Terbit di Danau Tamblingan Buleleng

Perjalanannya tinggal arahkan kendaraan menuju Ungaran. Kemudian melewati jalur Lingkar Salatiga dan berbelok ke arah Kopeng. Dari sana akan ada petunjuk jalan untuk menuju puncak Gunung Telomoyo. Untuk lebih mudahnya bisa menggunakan Google Maps untuk lebih praktis.

Setelah tiba di lokasi, perjalanan dari loket tiket sampai ke puncaknya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam. Jadi Sobat Turisian bisa memperkirakan sendiri untuk waktu perjalanannya nanti menuju Telomoyo.

Pos terkait