3 Sate Maranggi Paling Ngehits, Asli dari Purwakarta

Sate Maranggi Paling Ngehits
Ragam pilihan menu sate di Sate Maranggi Haji Yetty yang berlokasi di Cibungur, Purwakarta. (Instagram.com/ @satemaranggihajiyettycibungur)

TURISIAN.com – Kuliner ini adalah makanan asli dari tanah Sunda, khususnya di Purwakarta. Sate Maranggi paling ngehits di tempat asalnya.

Di tempat asalnya yaitu Purwakarta, sobat Turisian bisa dengan mudah menemukan banyak rumah makan yang menyuguhkan sate maranggi.

Namun, dari sekian banyak rumah makan di Purwakarta, ada 5 tempat yang terkenal karena menyajikan sate maranggi dengan cita rasa yang istimewa.

Dikutip TURISIAN.com- dari bobobox.co.id pada Rabu, 13 April 2022, berikut adalah 3 rumah makan sate maranggi paling ngehits di Purwakarta.

BACA JUGA: Menikmati Suasana Malam di Rembang Sambil Menyantap Sate Laler yang Sedap

1. Sate Maranggi Pasar Plered

Mulanya, kawasan ini merupakan pasar tradisional biasa. Hingga pada akhirnya di tahun 2013, Pemerintah Kabupaten Purwakarta membangun pasar tradisional Plered. Untuk kemudian dijadikan sebagai tempat wisata kuliner sate maranggi.

Tempatnya sangat unik. Karena menampung para penjual pikulan sate maranggi di sekitaran Jalan Raya Plered serta Anjun.

Sebagai salah satu sentral wisata kuliner sate maranggi, tidak mengherankan bila banyak pilihan yang akan tersaji.

Meski diisi oleh para penjual sate maranggi pikulan. Tempatnya sendiri bisa dikatakan sangat bersih dan nyaman, jadi soal rasa dan higienitasnya tidak perlu diragukan lagi ya.

BACA JUGA: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Ada di Pelosok Desa

2. Sate Maranggi Bah Use

Berlokasi di Jalan Terusan Kapten Halim, Desa Cihuni RT 05 RW 03, Pasawahan, Purwakarta.

Meskipun lokasinya berada di dalam pelosok Desa Cihuni, namun tempat ini tidak kalah pamor jika dibandingkan dengan rumah makan lainnya.

Keunikan dari Sate Maranggi Bah Use adalah irisan dagingnya yang berukuran besar serta teksturnya yang empuk.

Ditambah dengan bumbu yang terbuat dari kecap serta irisan bawang merah dan tomat yang membuat sate maranggi terasa lebih nikmat ketika disantap.

Sang pemilik yakni Bah Use menyarankan agar datang pada jam 12 siang. Alasannya, rumah makan miliknya tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih di akhir pekan, dijamin rumah makan ini akan bertambah ramai.

Jam puncak ramainya pengunjung biasanya pada pukul 15.30 sore setelah Ashar dan jam pulang kantor.

Ketika berada di sini, jangan lupa juga untuk menikmati pilihan menu lainnya yang juga tidak kalah nikmatnya seperti sop iga, karedok, ikan cobe, serta ayam bakar.

BACA JUGA: Mencicipi Kelezatan Ayam Goreng Santa Maria, Kuliner Viral dari Cirebon

3. Sate Maranggi Haji Yetty

Rumah makan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga para petualang rasa.

Beralamat di Jalan Raya Cibungur, Bungursari, Purwakarta, Sate Maranggi Haji Yetty sudah memiliki tempat di hati para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Bahkan, banyak juga pelanggan setianya yang datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk kembali mencicipi hidangan lezat buatannya seperti dari Kota Bandung dan Jakarta.

Dagingnya sangat empuk dan ketika dipadukan dengan racikan bumbu kecap yang berisikan irisan tomat akan bisa membuat lidahmu bergoyang.

Hal unik lainnya adalah disediakan juga irisan jeruk limau bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi segar dari sate maranggi.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Kota Tasikmalaya Ini Paling Melegenda

Dilengkapi Area Parkir Luas

Soal fasilitas, tidak perlu diragukan lagi, karena Sate Maranggi Haji Yetty sudah dilengkapi dengan area parkir yang luas, toliet hingga Mushola untuk beribadah.

Angin sepoi-sepoi yang berhembus dari balik pepohonan rindang yang tumbuh dengan lebat di sekitarnya juga mampu memnuat tempat ini terasa sejuk.

Sudah jatuh hati dengan sate marangginya, kalian juga pasti akan semakin dibuat terpukau dengan kelezatan dari aneka hidangan lainnya.

Seperti ikan dan ayam bakar, sop kambing atau sapi, gule sapi, pepes, sayur asem, hingga nasi khas Sunda yakni nasi tutug oncom.

BACA JUGA; Mencicipi Kuliner Unik dan Langka, Lemang Kantong Semar dari Jambi

Untuk pelepas dahaga, di sini juga menawarkan ragam pilihan menu menyegarkan diantaranya adalah es the manis, es kelapa muda serta aneka minuman lainnya.

Yang membedakan sate maranggi dengan jenis olahan sate lainnya terletak pada proses perendaman daging sapi serta kambing sebelum diolah, atau bisa juga disebut dengan proses marinasi.

Bumbu tersebut terdiri dari ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit serta sedikit tambahan cuka lahang untuk rasa asam.

Sebelumnya dikabarkan bahwa, pada 2012 sate maranggi telah dikukuhkan oleh Kemenparekraf sebagai salah satu dari 30 ikon kuliner tradisional Indonesia.

Nah, mau coba sate Maranggi paling ngehits ini. Bisa datang langsung ke Purwakarta.

***

Pos terkait