5 Tempat Wisata Candi di Sekitar Borobudur yang Menarik Dikunjungi

Wisata Candi Sekitar Borobudur
Kawasan Candi Borobudur. (Iwan)

TURISIAN.com – Candi Borobudur hingga kini tetap menjadi wisata favorit saat liburan ke Magelang atau Yogyakarta. Namun tahukah Sobat Turisian, masih ada tempat wisata candi lainnya di sekitar Borobudur yang juga memesona dan menakjubkan.

Sejumlah tempat wisata candi di sekitar Borobudur tersebut, juga berusia ribuan tahun dengan bangunan yang unik serta indah. Berikut ini ada 5 tempat wisata candi dekat Borobudur yang menarik kita kunjungi, Sobat Turisian!

1. Candi Mendut
Wisata Candi sekitar borobudur
Candi Mendut. (dok. Kemdikbud)

Mendut bercorak sama dengan Borobudur, yakni Candi Buddha. Namun usianya lebih tua dari Candi Borobudur. Dalam prasasti dari Karang Tengah berangka 824 Masehi, Raja Indra dari Dinasti Syailendra mendirikan sebuah bangunan suci. Kemudian arkeolog Belanda, J.G. de Casparis, menghubungkan tempat suci tersebut dengan Candi Mendut.

Candi ini memiliki denah dasar berbentuk segi empat berukuran 10 x 10 meter dan tinggi bangunan 13,3 meter. Pada dindingnya terdapat relief-relief yang mengandung cerita berdasarkan ajaran Buddha.

Beberapa hiasan relief menggunakan tokoh binatang sebagai pemerannya. Seperti Brahmana dan Kepiting, Angsa dan Kura-kura, Dua Burung Betet, dan lainnya.

Lokasi Mendut berada di Jalan Mayor Kusen, lintasan jalur utama Jogja – Borobudur. Sobat Turisian akan mudah menemukan Candi Mendut karena terletak di pinggir jalan.

2. Candi Umbul
wisata candi sekitar borobudur
Candi Umbul. (dok. visitjawatengah)

Tempat wisata Candi Umbul cukup berbeda dengan yang lain karena tidak berupa bangunan menjulang tinggi. Tapi merupakan situs pemandian air panas peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra. Kini menjadi salah satu daya tarik wisata Kabupaten Magelang.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Terbaru

Sumber air panasnya berasal dari dasar kolam itu sendiri. Atau istilahnya ‘mumbul’ (umbul) dalam Bahasa Jawa. Di sana terdapat dua kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran berbeda-beda. Sebagian besar dinding kolam terbuat dari batu andesit.

Di sini Sobat Turisian bisa melepas penat atau lelah setelah keliling Candi Borobudur, dengan berendam air panas berlatar suasana asri khas pedesaan. Lokasi candi ini di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag. Berjarak sekitar 9,6 km dari Candi Borobudur ke arah Semarang.

3. Candi Selogriyo
Selogriyo
Candi Selogriyo. (dok. visitjawatengah)

Bagi Sobat Turisian pecinta petualangan alam bebas, bisa coba pilih berkunjung ke Candi Selogriyo. Terletak di hutan di Kecamatan Windusari atau sekitar 28 km dari Candi Borobudur. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian pun dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu gerbang.

Lokasinya di dalam kawasan hutan, menjadikan tempat ini memiliki panorama alam sekitar yang indah. Berupa perbukitan dan terasering persawahan yang sangat indah di sepanjang perjalanan. Jangan lewatkan untuk mengambil foto dengan latar keindahannya.

4. Candi Pawon
wisata candi sekitar borobudur
Candi Pawon. (dok. visitjawatengah)

Destinasi wisata sekitar Borobudur selanjutnya, ada Candi Pawon yang berjarak hanya 1,75 km dari Candi Borobudur. Lokasinya di Dusun Brojonalan, Kelurahan Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng.

Perkiraan pembangunan Candi Pawon pada abad 8 – 9 Masehi. Bertujuan sebagai tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra. Para ahli juga berpendapat bahwa Candi Pawon merupakan pintu gerbang Candi Borobudur, sebagai tempat umat membersihkan badan dan pikirannya dari kekotoran batin.

5. Candi Ngawen
Ngawen
Candi Ngawen. (dok. visitjawatengah)

Perkiraan Candi Ngawen merupakan peninggalan dari abad 9-10 Masehi. Candi ini juga bercorak Buddha, terdiri dari 5 buah candi berderet.

Baca juga: Pilihan Hotel di Sekitar Candi Borobudur dengan Segala Keunikannya

Daya tariknya berupa keberadaan 4 buah patung singa di setiap sudut candi II dan candi IV. Lokasinya tak jauh dari jalur utama Yogya – Magelang. Masuk wilayah Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan. Sekitarnya candi ini terdapat persawahan dan pemukiman penduduk.*

 

 

 

Pos terkait