5 Camilan Khas Banyuwangi, Pas Buat Teman Minum Teh atau Ngopi

Camilan khas Banyuwangi
Bolu kuwuk camilan khas Banyuwangi. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Aneka kuliner dari Banyuwangi cukup beragam sama seperti destinasi wisata yang dimilikinya. Dari mulai makanan kelas berat sampai ringan ada, Sobat Turisian! Seperti camilan atau kudapan khas Banyuwangi yang pas buat teman minum teh hangat atau ngopi.

Nih ada 5 camilan khas Banyuwangi yang Sobat Turisian mesti mencobanya saat berlibur ke sana. Lebih nikmat menyantapnya saat sesi teh petang atau kopi senja di pinggir pantai. Jangan lupa bawa juga buat oleh-oleh ke rumah!

Bolu kuwuk

Camilan khas Banyuwangi yang pertama ada bolu kuwuk. Jenis kue kering ini sering juga disebut klemben.

Bolu kuwuk terbuat dari bahan sederhana yang terdiri dari tepung terigu, gula pasir, dan telur. Bentuknya unik mirip kuwuk atau biji kerang laut.

Petulo

Camilan khas Banyuwangi

Berikutnya ada Petulo yang merupakan salah satu jajanan pasar khas Banyuwangi. Camilan manis ini terbuat dari tepung beras dan tapioka. Tampilannya mirip putu mayang, namun petulo lebih keriting daripada putu mayang dan teksturnya lebih legit.

Rasa Petulo semakin sedap saat memberinya kuah santan dan gula merah atau juruh. Masyarakat lokal Banyuwangi juga biasa menyajikan petulo bersama kue surabi atau ketan.

Bagiak

camilan khas Banyuwangi

Menikmati senja di Banyuwangi sangat pas sambil nyemil bagiak bersama secangkir kopi atau teh. Bagiak juga termasuk oleh-oleh paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi.

Baca juga: 9 Jajanan Khas Banyuwangi yang Bikin Ngakak Tapi Ngangenin

Banyak orang menyukai camilan yang satu ini karena rasanya manis dengan tekstur lumer di mulut. Bagiak juga memiliki varian rasa, seperti rasa susu, rasa kacang, rasa jahe, dan rasa kayu manis.

Ketan Bubuk Kedelai

camilan khas Banyuwangi

Sobat Turisian saat berkunjung ke Banyuwangi jangan lewatkan camilan nikmat ini. Ketan bubuk kedelai atau ketan kirip (kerep) yang unik dan berbeda dari olahan ketan di daerah lain.

Selain taburan parutan kelapa, sesuai namanya olahan ketan ini disajikan bersama bubuk kedelai. Sehingga menambah tekstur ketan yang kenyal menjadi lebih lembut dan manis.

Tahu walik

Tahu Walik

Nah kudapan tahu walik khas Banyuwangi ini sudah menyebar ke berbagai daerah. Tapi rasanya tak lengkap jika tak menikmati tahu walik di tempat asalnya.

Tahu walik ini berisi adonan daging ayam yang dibalut kulit tahu. Uniknya kulit tahunya terbalik, bagian luarnya menjadi bagian dalam yang terisi adonan lalu menggorengnya.

Baca juga: 4 Aktivitas Wisata di Kampung Majapahit yang Harus Kalian Coba!

Biasanya, masyarakat Banyuwangi menyantap tahu walik bersama bumbu petis, cabai rawit, atau saus sambal. Camilan ini pun cocok sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi.

Itulah sebagian camilan khas Banyuwangi yang wajib mencobanya. Aneka camailan tersebut juga cocok buat menu takjil berbuka puasa nanti.*

 

 

Pos terkait