Pulau Dua Banten Sajikan Keindahan Alam dan Atraksi Ribuan Burung

Pulau Dua Banten
Suasana Pulau Dua Banten. (source: Disbudpar Banten)

TURISIAN.COM – Berlibur ke Banten jangan pernah lewatkan berkunjung ke Pulau Dua atau disebut juga Pulau Burung. Di tempat ini, Sobat Turisian bisa melhat keindahan alam dan atraksi alami ribuan burung yang sedang bermigrasi.

Lokasi Pulau Dua atau Pulau Burung ini, beradai di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Terletak tak terlalu jauh dari pusat Kota Serang, hanya berjarak sekitar 30 km.

Jaraknya tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 30 km dari Kota Serang. Pulau ini pun dekat dengan tempat wisata religi dan sejarah Banten Lama.

Pulau Dua Banten memang tak sesuai dengan namanya jika melihat langsung di lapangan. Karena pulau yang tampak hanya satu, dan datarannya tak terpisah dengan Pulau Jawa. Sobat Turisian juga akan bertanya-tanya akan hal itu begitu tiba di pulau wisata di Banten ini.

Jadi ternyata dulunya Pulau Dua merupakan sebuah daratan yang terpisah dari Pulau Jawa. Terpisah selat selebar 500 m. Saat ombak sedang surut, kedua daratan ini menyatu. Nah seperti itu latar belakangnya, Sob!

Selanjutnya karena adanya pendangkalan pada Sungai Cibanten, sehingga berpengaruh pada ketinggian daratan dan batas antar pulau menjadi tidak jelas. Akhirnya daratan Pulau Dua menyatu dengan Pulau Jawa. Luas yang tadinya hanya 8 ha pun menjadi 30 ha setelah daratan menyatu.

Baca juga: Bukit Waruwangi Serang, Wisata Kekinian Banten yang Sejuk Bikin Betah

Suasana Pulau Burung Banten ini cukup asri dan memesona. Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan hamparan pohon bakau. Dengan kicauan burung yang akan menyambut Sobat Turisian tiba di pulau ini.

Jika melihat dari sisi depan, pulau tampak seperti hutan kecil yang rimbun di pinggir pantai. Kawasan cagar alam tersebut mempunyai ekosistem tumbuhan tropis dengan pesisir. Mayoritas vegetasi mangrove serta tumbuhan lain, seperti pohon dada, ketapang, kepuh, dan cangkring.

Daya Tarik Pulau Dua

Pulau Dua Banten ini juga menyimpam daya berupa keindahan pantai dan alam bawah laut. Terdapat banyak gugusan karang yang indah dan berbagai macam jenis ikan laut. Uniknya lagi, setiap April dan Agustus pulau ini akan didatangi ribuan burung. Inilah yang menjadi alasan Pulau Dua disebut juga sebagai Pulau Burung.

Ribuan burung itu bermigrasi menghindari musim dingin yang datang di wilayah utara dan selatan. Tercatat sekitar 10.000 ekor burung dari 108 jenis yang berbeda akan berkumpul di tempat ini.

Kurang dari sepertiga burung tersebut merupakan pra migran yang hanya datang pada bulan tertentu. Jika ingin menyaksikan atraksi burung ini, datanglah ke pulau ini antara Maret hingga Juli.

Sobat Turisian bisa menikmati atraksi aneka burung dari atas menara pengawas. Hasil kreasi seorang penjaga kawasan cagar alam bernama Madashi.

Baca juga: Wisata Kebun Teh Cikuya Lebak, Keindahan Alam yang Menenangkan Jiwa

Untuk menuju ke Pulau Dua atau Pulau Burung, Sobat Turisian arahkan perjalanan ke Sawah Luhur yang ada di Kecamatan Kasemen. Di sepanjang jalan belum ada papan petunjuk yang jelas ke tempat ini. Sehingga Sobat Turisian mesti bertanya kepada warga sekitar.*

 

 

Pos terkait