Takjub, Melihat 1000 Patung Penari di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi

Taman Gandrung Terakota
Salah satu spot di Taman Gandrung Terakota. (wonderfulimage)

TURISIAN.com – Wisatawan akan dibuat takjub kala mengunjungi Taman Gandrung Terakota di Banyuwangi, Jawa Timur. Pasalnya, terdapat 1000 patung penari Gandrung yang terbuat dari tanah liat (terakota) tersebar di area taman tersebut.

Taman yang berlokasi di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort ini, merupakan hasil kreasi pria bernama Sigit Pramono, seorang mantan pegawai bank milik negara. Ide Sigit membangun taman ini terinspirasi Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM).

Pada saat pembuatan dan penataan Taman Gandrung Terakota, Sigit melibatkan Dr Suwarno Wisetrotomo. Seorang kurator seni rupa dari Galeri Nasional Indonesia, sekaligus dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Meskipun idenya muncul sejak lama, namun Sigit baru bisa merealisasikannya awal tahun 2018.

Objek wisata unik tersebut, dibangun di areal persawahan berdasarkan filosofi tarian gandrung yang berasal dari tradisi rakyat sebagai perwujudan rasa syukur pada Dewi Sri (Dewi Padi) atas hasil pertanian yang subur dan melimpah. Tarian ini pun dinilai sebagai kesenian sakral di Banyuwangi.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Letaknya di lahan sawah aktif yang menampilkan beragam aktivitas para petani. Terakota sendiri merupakan nama lain dari tembikar. Diketahui, patung-patung di sana terbuat dari tembikar atau tanah liat. Sejenis gerabah yang dibakar maksimal dengan suhu 1.000 derajat Celcius. Kualitasnya berada di bawah keramik, cukup rapuh serta berongga dan tidak padat.

Pembuatan Taman Gandrung bukan hanya menonjolkan sisi kreasi dari penciptanya, namun juga mengandung filosofi yang kuat. Dari bahan dan konsep pembuatan patung, terkandung filosofi bahwa tidak ada yang abadi di dunia. Tujuan berkarya lewat taman ini pun bukan untuk menciptakan sesuatu yang kekal, tetapi sementara. Sama seperti kehidupan di dunia.

Taman Gandrung Terakota tak hanya menyajikan patung-patung penari gandrung, tapi juga menyuguhkan panorama bukit hijau dan hamparan sawah yang indah. Pengunjung bisa melihat aktivitas petani yang sedang membajak sawah, area kebun kopi, pohon durian, beraneka jenis bambu, serta tanaman endemik setempat.

Terdapat pula Amfiteater Taman Gandrung Terakota. Di situ bisa menikmati keindahan pegunungan sekitar.  Ada 4 gunung tampak dari kejauhan, yaitu Gunung Merapi, Raung, Meranti, dan Suket.

Baca juga: Blue Fire Kawah Ijen, Pertunjukan Alam yang Menakjubkan

Pandangan bergeser ke sebelah barat, maka bisa memandang keindahan Gunung Ijen dengan  ketinggian  2.443 meter di atas permukaan laut. Jika pandangan diarahkan ke timur, akan tampak Selat Bali dengan airnya yang kebiruan.*

 

Source: indonesia.go.id

Pos terkait