Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Waduk Sermo
Menikmati senja di Waduk Sermo dengan berkemah. (dok. Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Waduk Sermo menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Tak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai surga dunia di perbukitan Menoreh, Kulon Progo.

Lokasinya berjarak 35 km dari Kota Yogyakarta dan kurang lebih 6 km dari pusat kota Wates, Kulon Progo. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Wates.

Bendungan atau waduk ini dibangun pada Maret 1994, dengan tujuan untuk meningkatkan penyediaan irigasi, pengendali banjir, usaha perikanan, pariwisata, dan prasarana olah raga air. Kini, Waduk Sermo menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan Kulon Progo. Banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di sana.

Keindahan Waduk Sermo bisa dinikmati dengan berkeliling menggunakan perahu. Bisa juga dengan berjalan kaki atau bersepeda menyusuri jalan setapak yang mengitari waduk.

Baca juga: Kalender Event Kota Yogyakarta 2022

Agar lebih menarik dan berkesan, cobalah untuk berkemah di sekitar waduk. Tapi harus dilakukan di musim kemarau karena debit airnya tak terlalu tinggi.

Suasana Waduk Sermo juga cukup tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan hawanya sejuk. Apalagi di kala senja tiba, nuansa eksotis semakin terasa dan memesona. Menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk merelaksasi tubuh dan jiwa yang penat akibat rutinitas.

Jika betah dan belum puas mengekplorasi Waduk Sermo seharian, cobalah untuk bermalam di sana. Bisa pilih berkemah atau menginap di sejumlah homestay di sekitar waduk yang disediakan pengelola.

Baca juga: Blue Fire Kawah Ijen, Pertunjukan Alam yang Menakjubkan

Dengan memilih menginap di homestay, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar. Sembari belajar membuat berbagai kuliner khas Kulon Progo, seperti gula jawa, ikan crispy, serta aneka makanan tradisional geblek, tape, dan apem.*

 

 

Pos terkait