Napak Tilas Perjuangan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong Yogyakarta

Goa Selarong
Goa Selarong Bantul Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Sobat Turisian pasti tahu tentang Goa Selarong sebagai markasnya Pangeran Diponegoro waktu belajar sejarah di sekolah dulu. Ternyata kini, Goa Selarong yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini menjadi destinasi wisata yang komplet dan banyak wisatawan berkunjung.

Wisata Goa Selarong ini menawarkan pilihan wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, edukasi, religi, historis, bahkan wisata mistis. Gua di Bantul ini juga terkenal sebagai salah satu objek wisata religius dan spiritual.

Tempat ini sarat akan nilai historis karena menjadi bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro semasa Pemerintahan Belanda di indonesia. Goa Selarong menjadi tempat untuk menyusun strategi dan markas perang gerilya.

Lokasinya berada dalam deretan pegunungan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan pepohonan rindang dan hijau di kanan dan kirinya. Di balik cerita tersebut ada sesuatu yang masih menjadi misteri hingga sekarang. Yakni Pangeran Diponegoro dan pengikutnya bisa masuk ke dalam goa tanpa terlihat dari luar. Jadi banyak yang mengira Goa Selarong memiliki pintu tak kasat mata.

Di samping itu, suasana mistis di kawasan ini masih terasa dan terjadi. Warga sekitar menyebutkan bahwa setiap malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon akan terdengar suara seperti alunan gending-gending Jawa. Namun ketika memeriksanya, tidak terlihat aktivitas apapun di goa tersebut. Wah bikin merinding, Sobat Turisian!

Objek Lain di Kawasan Goa Selarong Jogja

Di tempat ini, Sobat Turisian juga bisa berkunjung ke gua lain selain goa utama. Begitu sampai di lokasi, Sobat Turisian akan melihat patung Pangeran Diponegoro yang menaiki kuda. Dari situ, masih harus berjalan kurang lebih 200 meter hingga bertemu anak tangga.

Kemudian Sobat Turisian perlu melewati anak tangga tersebut sekitar 400 meter. Butuh konsentrasi dan kehati-hatian karena anak tangga di sini cukup curam.

Baca juga: Yuk Piknik Seru Bersama Keluarga di Grand Puri Waterpark Bantul Yogyakarta!

Setibanya di atas akan tampak pemandangan dua gua. Gua yang pertama bernama Goa Putri di sebelah timur dan yang kedua bernama Gua Kakung di sebelah barat.

Goa Putri menjadi tempat peristirahatan istri Pangeran Diponegoro, Raden Ayu Ratnaningsih beserta para dayang-dayang. Sedangkan Goa Kakung sebagai tempat peristirahatan Pangeran sendiri.

Kedua goa tersebut terbilang sempit, memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter. Dengan lebar masing-masing  2 meter dan 3 meter.

Jika Sobat Turisian berkunjung ke sini saat musim hujan, kalian bisa melihat air terjun di dekat gua. Terdapat pula dua buah sendang, yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo.

Fasilitas & Rute Menuju Goa Selarong Jogja

Jika Sobat Turisian berminat wisata ke Goa Selarong bersama keluarga tak perlu khawatir karena fasilitas di sini pun sudah cukup lengkap. Tersedia toilet, musala, gardu pandang, pendopo untuk bersantai, hingga area perkemahan.

Setahun sekali, tempat wisata Jogja ini akan ramai karena ada upacara adat Grebek Goa Selaronng. Tujuannya untuk mengenang Pangeran Diponegoro, sekaligus sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Bantul.

Goa ini berlokasi di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Dari arah Kota Jogja Sobat Turisian bisa menuju ke arah Jalan Bantul. Ikuti terus jalan ini hingga menjumpai gapura selamat datang di Kota Bantul.

Baca juga: Berburu Kelezatan Ayam Ingkung, Makanan Tradisonal Khas Bantul

Dari gapura tersebut, Sobat Turisian ikuti kembali jalan itu sampai ke perempatan lampu merah. Kemudian ambil jalan ke kanan sampai ke Goa Selarong. Akan ada papan petunjuk arah di jalan menuju goa ini.*

 

 

Pos terkait