Berburu Kelezatan Ayam Ingkung, Makanan Tradisonal Khas Bantul

Ayam ingkung
Ayam ingkung khas Bantul di Warung nDeso Pajangan.

TURISIAN.com – Khazanah kuliner di Bantul, DI Yogyakarta lebih cenderung ke makanan tradisional. Seperti bakmi jawa, sate klathak, dan tentu saja ayam ingkung. Nah untuk ayam ingkung, di Bantul sendiri ada sebuah kecamatan yang terkenal dengan sentra ayam ingkungnya, yaitu Pajangan.

Nah di Pajangan terdapat beberapa warung penjual makanan khas Bantul tersebut. Salah satu yang paling direkomendasikan, yaitu Ingkung Warung nDeso yang merupakan pelopor warung ayam ingkung di Guwosari, Pajangan.

Kunci kelezatan ingkung di Warung nDeso terletak pada bumbu areh sebagai pendamping ayam. Tak hanya itu, di sini pun pengolahannya tidak menggunakan bahan pengawet dan penguat rasa. Tambah sedap lagi, bahan utamanya ayam kampung, sehingga lebih nikmat dan sehat.

Sajian ayam ingkung sangat pas Sobat Turisian santap dengan nasi gurih atau nasi uduk. Jangan lupa lengkapi juga dengan menu-menu pendamping lainnya. Antara lain aneka sambal, gudeg manggar (gudeg dari bunga kelapa), tumis daun pepaya, tumis kangkung, ikan wader, dan tentu saja kuah areh yang manis dan gurih.

Ingkung Warung nDeso

Harga satu porsi ingkung di Warung nDeso tergantung ukuran ayamnya. Ukuran ayam ingkung utuh, dibanderol dari harga Rp 90.000 – Rp 120.000, sedangkan untuk potongan misal dada harganya Rp 22.000. Ada pula menu pendamping mulai dari harga Rp 2.500 sampai Rp 15.000.

Baca juga: Rekomendasi Warung Miedes dan Mie Lethek, Olahan Sehat Khas Bantul dari Singkong

Selain makanannya enak tempat makannya pun nyaman. ruang makan di warung ini didesain sederhana dengan bangunan terbuat dari bambu. Sobat Turisian bisa memilih tempat duduk lesehan maupun meja-kursi. Di tengah bangunan ada kolam ikan yang menambah sejuk pemandangan sekitar.

Warung nDeso buka mulai pukul 8 pagi. Jika Sobat Turisian ingin menikmati menu yang komplet disarankan datang sebelum jam makan siang, atau sekitar pukul 10 – 11 siang. Soalnya bila datang pas jam makan siang atau lewat, bisa tak kebagian menu-menu andalan.

Rute Menuju Warung nDeso Pajangan

Untuk berburu ayam ingkung di Pajangan, Sobat Turisian harus menempuh perjalanan sekitar 12 km dari Kota Yogyakarta. Butuh waktu kurang lebih 10 sampai 12 menit saja.

Jika sudah masuk wilayah Bantul, tinggal ikuti Jalan Bantul dan lurus ke selatan melewati Ring Road sampai bertemu dengan Masjid Agung Bantul. Dari situ belok kanan sampai bertemu tikungan, ambil kiri dan ikuti jalan.

Baca juga: Yuk Beli Aneka Kerajinan Batik Kayu di Desa Krebet Bantul Sambil Liburan!

Nanti akan bertemu perempatan, kemudian ambil arah kanan. Setelah jembatan, belok kiri dan akan menemukan baliho Warung nDeso.*

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja

Pos terkait