Desa Wisata Kubu Gadang, Sajikan Beragam Budaya Minang

Desa Wisata Kubu Gadang
Silek Lanyah salah satu sajian budaya di Desa Wisata Kubu Gadang, Sumbar.

TURISIAN.com – Desa wisata di Indonesia kini banyak yang berkembang dan tumbuh menjadi destinasi wisata yang menarik Sobat Turisian kunjungi. Dengan berbagai daya tarik, mulai dari alam hingga budaya tradisionalnya. Salah satu yang wajib kalian kunjungi, yaitu Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar).

Lokasi tepatnya di Kelurahan Ekor Lubuk, Kota Padang Panjang, Sumbar. Akses ke desa ini pun cukup mudah Sobat Turisian capai karena berada di pinggir jalan. Sebuah jalan yang menghubungkan antara Solok ke Bukittingi atau ke Padang Panjang.

Berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang, Sobat Turisian bisa menikmati beragam sajian budaya dan tradisi Minang. Baik berupa kuliner, kesenian, sampai permainan tradisional yang berbalut edukasi. Semua ini tersaji berkat kreativitas masyarakatnya, khususnya para penggeraknya. Hingga mereka berhasil meraih sertifikat sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini.

Para penggerak tersebut meramu desa mereka menjadi sebuah desa penuh dengan sentuhan inovasi dalam bentuk komodifikasi tradisi-tradisi Minang. Hal ini dapat Sobat Turisian lihat dari suguhan paket wisata yang tersedia untuk wisatawan. Tampak pula pada penataan areal dan berbagai fasilitas secara estetik sebagai ciri khas desa ini.

Selain sajian budaya, Desa Wisata Kubu Gadang pun memiliki pesona alam yang sangat elok dengan view pemandangan langsung ke arah Gunung Marapi Sumbar. Desa ini juga terasa asri berkat areal persawahan dan ladang produktif yang masih mewarnai 70 persen areal desa.

Baca juga: Senangnya Berenang di Pemandian Lubuk Minturun Kota Padang

Di antara areal persawahan tersebutlah berdiri sejumlah rumah yang sebagiannya berfungsi sebagai homestay untuk wisatawan. Hingga kini Desa Wisata Kubu Gadang telah memiliki 20 homestay. Jumlah homestay itu pun terus bertumbuh sebagai salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

Fasilitas Wisata 

Bukan hanya ada homestay sebagai sarana akomodasi, tapi juga tersedia fasilitas lain yang menjadi ikon Kubu Gadang. Yaitu lapangan tempat pelaksanaan berbagai kegiatan. Di sekitarnya terdapat gazebo-gazebo tempat wisatawan bernaung dan beristirahat.

Di gazebo Desa Wisata Kubu Gadang tersebut, Sobat Turisian dapat sembari memandang ke areal sawah. Lalu ada sebuah dangau (KBBI: gubuk/rumah kecil) tempat berlangsungnya kegiatan diskusi. Ada juga panggung pertunjukan dengan kelengkapan soundsystem-nya.

Berikutnya terdapat areal sawah tempat pelaksanaan paket menangkap ikan dan silek lanyah. Selain itu, ada pondok-pondok penjualan makanan tradisional, toilet, posko tiket dan penjagaan. Serta area parkir dan sebuah cafe bernuansa tradisional.

Paket Wisata 

Liburan di Desa Wisata Kubu Gadang akan tambah seru lagi jika Sobat Turisian mengambil paket-paket wisata yang pengelola sediakan. Berikut sejumlah Paket Wisata yang bisa kalian nikmati, antara lain:

  1. Paket Kuliner
  • Paket Makan Baradaik
  • Paket Makan Nasi Kabaka
  • Paket Bagadang Samba Lado
  1. Paket Wisata Edukasi
  • Wisata Edukasi untuk sekolah
  • Wisata Edukasi Kuliner (Marandang)
  • Paket Belajar Bahasa Inggris
  • Paket Manangkok ruak-ruak
  1. Family Gathering in Kubu Gadang
  2. Paket Studio Alam
  3. One day Tour in Kubu Gadang sampai dengan One Month In Kubu Gadang
  4. Paket Kolaborasi dengan berbagai desa wisata sekitarnya
  5. Paket Event dan Pelatihan di Desa Wisata Kubu Gadang

Baca juga: Mengunjungi Masjid Raya Ganting, Tertua di Kota Padang dan Bersejarah

Itulah berbagai paket wisata di desa ini yang bisa Sobat Turisian nikmati bersama keluarga atau teman-teman. Kerennya lagi, desa wisata di Sumbar yang satu ini sudah banyak meraih penghargaan, hingga banyak menjadi objek penelitian akademisi.*

 

 

Sumber & Foto: jadesta.kemenparekraf

Pos terkait