Mengunjungi Masjid Raya Ganting, Tertua di Kota Padang dan Bersejarah

Masjid Raya Ganting
Masjid Raya Ganting, Kota Padang, Sumbar. (Source: Dispar Kota Padang)

TURISIAN.com – Begitu tiba berlibur atau berkunjung di Kota Padang, jangan lupa Sobat Turisian mampir ke Masjid Raya Ganting. Masjid bersejarah ini merupakan masjid tertua di kota ini dan pembangunannya berlangsung pada tahun 1805.

Masjid yang berada di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ini sudah terdaftar sebagai cagar budaya. Bahkan menjadi salah satu objek wisata religi yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Mengutip dari laman Dispar Kota Padang, menurut Narsuhud, salah seorang pengurus masjid ini, Masjid Raya Ganting pendiriannya tahun 1805 di lokasi yang saat ini berada. Namun sebelumnya lokasi masjid ini terletak di pinggir Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan.

Baca juga: Bertandang ke Pantai Padang yang Indah, Lengkap dengan Berbagai Daya Tariknya

Pendirian awal masjid yang satu ini oleh tiga ulama dan saudagar di Padang. Di antaranya Gapuak, Syekh Haji Uma, Syekh Kepala Kota, Pemerintah Belanda, serta saudagar China. Mereka pun bersatu membangun sebuah masjid yang sangat megah dan indah dari sisi arsitekturnya.

Bangunan Masjid Raya Ganting memiliki bentuk persegi dengan ukuran 30×30 meter. Tampak keunikan dari masjid ini yang terletak pada gaya arsitekturnya. Karena memadukan desain Timur Tengah, China, dan corak Eropa.

Ketika berkunjung langsung ke masjid ini, Sobat Turisian bisa melihat empat atap susun tingkat tiga. Kemudian terdapat delapan pintu serta delapan jendela pada bangunan masjid ini, sehingga menambah kemegahan dan keindahannya.

Baca juga: Yuk Liburan ke Pulau Pasumpahan, Panorama Alamnya Indah Banget!

Keunikan lain dari Masjid Raya Ganting, Sobat Turisian bisa melihat tiang-tiang yang berjejer dalam lima baris. Diameter tiang sekitar 80 sentimeter bertinggi 4,2 meter dengan cat warna putih. Tanpa hiasan, kecuali nama-nama nabi dalam tulisan Arab dan sedikit cat warna kuning keemasan di bagian teratas dan terbawahnya.*

Pos terkait