Menelusuri Situs Cagar Budaya Candi Tinggi di Jambi

Candi Tinggi Jambi
Candi Tinggi Jambi. (Source: Disbudpar Prov. Jambi)

TURISIAN.com – Liburan ke Jambi, Sobat Turisian tak boleh terlewatkan untuk melihat dari dekat Candi Tinggi. Salah satu bangunan situs cagara budaya yang cukup menarik dan menjadi ikon kawasan Percandian Muaro Jambi. Lokasinya berada di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Bangunan candi yang satu ini masih berdiri kokoh di areal tanah seluas 2,92 hektare. Di kompleks percandian ini, Sobat Turisian bisa melihat satu bangunan induk, 6 bangunan perwara, dan pagar keliling. Bangunan induknya telah mengalami pemugaran dan berdenah bujur sangkar, berukuran 16m x 16m dengan tinggi 7,6 meter.

Saat ini keberadaan Candi Tinggi Jambi yang bisa Sobat Turisian lihat, hanya bagian pondasi serta sedikit bagian kakinya saja. Gapura menuju kompleks ini terletak di bagian timur dan barat. Penemuan pertama kali candi ini terjadi pada tahun 1820. Pemugarannya berlangsung dalam kurun waktu 9 tahun sejak dari tahun 1978 sampai 1987.

Baca juga: Ini Tiga Objek Wisata Jambi yang Asik Buat Tujuan Liburan Kalian!

Hasil dari proses pemugaran dan penelitian arkeologi pada waktu itu berhasil mengetahui pada awalnya pembangunan Candi Tinggi Jambi dalam dua tahap. Selanjutnya struktur bangunan yang lebih tua ditemukan masih tetap utuh di bagian dalam bangunan. Sementara bangunan yang lebih muda pembuatannya menutupi struktur yang lama seperti terlihat pada saat ini.

Kemudian untuk bangunan perwara yang berbentuk bujur sangkar terletak menyebar di timur laut, barat, barat daya, dan selatan dari bangunan induk Candi Tinggi Jambi. Keadaan sekarang dari bangunan tersebut yang tersisa hanya bagian pondasi serta sedikit bagian kaki.

Baca juga: Geopark Merangin Jambi Mendekati Pengakuan UNESCO Global Geopark

Sedangkan gapura masuk Candi Tinggi Jambi berada di pagar sisi timur dan sebuah gapura yang lebih kecil lagi ada di pagar sisi barat. Destinasi wisata cagar budaya Jambi ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.*

 

 

Pos terkait