Kalender Event Jambi, Penuh Keseruan dari April Hingga Desember 2022

kalender event Jambi
Kalender Event Provinsi Jambi yang akan di gelar dari April sampai Desember 2022. (Instagram.com/ @jambi_tourism)

TURISIAN.com – Kalender event Jambi akan menampilkan berbagai aktraksi menarik. Digelar mulai April hingga Desember 2022. Kegiatan sepanjang tahun tersebut diharapkan banyak mendatangkan  wisatawan.

Dikutip Turisian.com- dari Instagram resmi @jambi_tourism pada Rabu, 20 April 2022, berikut adalah daftar unggulan  kegiatan pariwisata Calender of Event Jambi. Paling tidak bisa menjadi, panduan untuk memaksimalkan jadwalmu ketika berwisata di provinsi ini:

April 2022

Arakan Sahur – Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Tanjung Jabung Barat sejak tahun 1996. Dan,  kehadirannya selalu memeriahkan suasana Ramadhan.

Biasanya, peserta acara merupakan perwakilan dari sejumlah masjid. Arak-arakan dalam kegiatan ini identik dengan rangkaian gerobak yang telah dihias sedemikian rupa.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Event Seba Baduy 2022, Sajikan Ritual Adat hingga Camping Ground

Mei 2022

Festival Sumbun – Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Tradisi memancing sumbun atau kerang bambu ini  adalah kegiatan masyarakat setempat. Pada awalnya merupakan tradisi dari Suku Duano.

Namun, kini para pendatang pun diperbolehkan untuk mengikuti tradisi memancing sumbung yang sudah menjadi acara tahunan.

Juni 2022

The Jangkat Culture Festival

Akan berisi aneka kegiatan menarik seperti pertunjukan teater rakyat nusantara. Tarian ritual kebanggaan Kota Jambi, ragam kuliner Sumatra dan Jawa, Bursa kopi hingga permainan menarik bagi para pengunjung.

Juli 2022

Festival Candi Muaro Jambi

Salah satu acara tahunan di Candi Terbesar di Pulau Sumatera. Bahkan digadang-gadang luas komplek candi mencapai delapan kali lipat dari Candi Borobudur.

Dengan mengangkat tema yang unik menjadikan gelaran tersebut sebagai pagelaran seni budaya di Candi Terbesar di Pulau Sumatra.

BACA JUGA: Daftar Kalender Event Lumajang April 2022

Panen Lubuk Larangan

Tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Mandailing Natal ini ditandai dengan warga yang akan beramai-ramai menangkap ikan di sungai. Lokasinya telah disepakati bersama, tradisi ini bahkan cukup populer hingga ke daerah lain lho.

Festival Negeri Pamuncak

Dalam bahasa setempat, pamuncak adalah sebutan untuk tiga penguasa di Kabupaten Kerinci pada jaman dahulu yang disebut juga dengan Pamuncak Nan Tigo Kaum.

Agustus 2022

Festival Kota Tua – Kabupaten Batanghari

September 2022

Festival Batanghari

Kemeriahan festival ini dirasa mampu menggaungkan nilai sejarah serta budaya dari Kota Jambi. Selain itu biasanya juga turut dimeriahkan dengan serangkaian acara. Seperti parade 99 tengkuluk serta menampilkan kekhasan budaya dari setiap sudut Kabupaten maupun Kota Jambi.

BACA JUGA: Pameran IKM Bali Bangkit Hadirkan Berbagai Souvenir untuk Event G20

Oktober 2022

Pacu Perahu – Kabupaten Sarolangun

Seperti namanya, ini merupakan festival yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Tradisi budaya yang masih diwariskan secara turun-temurun ini juga sudah menjadi ikon dari wilayah setempat. Dimana lomba pacu perahu ini akan diikuti oleh puluhan tim lokal dari kecamatan yang berbeda-beda.

Festival Geopark Merangin

Ini adalah strategi jitu dari Pemerintah Kota Jambi dalam mengajak peserta untuk menikmati keindahan geopark terindah di Kota Jambi.

Angso Duo Art Festival – Kota Jambi

Menampilkan berbagai macam budaya serta tradisi dari masyarakat Jambi. Serta lomba yang tentunya berkaitan dengan budaya Jambi. Seperti  lomba desain batik, melukis layang-layang dan kegiatan lainnya yang turut mendorong kreativitas para kaula muda Kota Jambi.

BACA JUGA: Event 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

November 2022

Festival Kenduri Sko – Kota Sungai Penuh

Ialah upacara prosesi pelantikan depatai ninik mamak dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Sungai Penuh.

Festival Kerinci

Jadilah saksi hidup dari keindahan Danau Kerinci lewat festival yang rutin digelar setiap tahun di Kota Jambi ini. Tarian masal, perlombaan tari serta perlombaan kuliner. Dengan tema pariwisata dan budaya juga akan semakin menambah nilai keistimewaan dari Festival Kerinci.

Tapah Malenggang

Tour De Singkarak

Kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional yang rutin digelar setiap tahunnya di Sumatra Barat.

Desember 2022

Pertempuran Simpang 3 Sipin

Jambi Ekraf Festival

Pos terkait