Jangan Lewatkan Event Seba Baduy 2022, Sajikan Ritual Adat hingga Camping Ground

Seba Baduy 2022
Masyarakat Baduy dalam Seba Baduy tahun sebelumnya. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Event Seba Baduy 2022 segera berlangsung selepas Lebaran tahun ini. Tepatnya pada tanggal 11-15 Mei 2022. Pelaksanaannya di Kabupaten Lebak, Banten. Catat tanggalnya, Sobat Turisian!

Seperti yang sudah khalayak ketahui, Seba Baduy adalah upacara adat setahun sekali di Kabupaten Lebak, Banten. Bertujuan sebagai wujud syukur atas limpahan hasil pertanian di ladang. Tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun, lho!

Kini, upacara adat tradisi Suku Baduy Banten ini menjadi salah satu event budaya yang dikemas secara lebih inovatif dan kreatif. Tapi tenang saja, meski dikemas sedemikian rupa tapi nilai kesakralan dan orisinalitasnya tetap terjaga.

Tahun ini, Seba Baduy 2022 tetap akan memadukan secara apik antara nuansa tradisional dan kegiatan kreatif nan kekinian. Sehingga tidak hanya cocok bagi Sobat Turisian yang culture enthusiast, namun juga menarik bagi kalian yang suka sama sesuatu berbau modern, kekinian, dan kreatif.

Rangkaian Acara Seba Baduy 2022

Semua rangkaian acara pun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak sudah mempersiapkannya. Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Perhelatan ini akan berlangsung dengan venue utama Alun-Alun Rangkasbitung. Menghadirkan acara inti Seba Baduy yang akan diikuti oleh masyarakat Baduy.

Agar nuansa tradisional terasa makin kental, digelar juga Festival Permainan Tradisional dan Adu Ranji. Selanjutnya H-2 sampai hari puncak, selama tiga hari berturut-turut akan ada Pagelaran Musik dan Diskusi Budaya.

Baca juga: Pulau Cangkir yang Indah, Jadi Wisata Religi Populer di Tangerang

Pada saat yang sama, ada pula Pameran Fotografi, Seni, dan Desain oleh Komunitas Kabupaten Lebak di halaman Museum Multatuli. Jangan lupa, Sobat Turisian mampir ke sudut ini, buat menengok dan mengapresiasi karya-karya dalam pamerannya di sini, ya!

Event budaya Banten tersebut tak hanya menggandeng komunitas dan seniman lokal, tapi juga melibatkan para pelaku ekonomi kreatif. Dengan mengadakan Pameran Ekraf dan Ngopbar (Ngopi Bareng) on Seba. Rencananya, terdapat 20 stand UMKM yang akan menjual aneka produk kriya, kuliner, kopi, hingga desain.

Lebih seru lagi, jika Sobat Turisian mengikuti kegiatan Camping Ground Baduy. Pelaksanaan acara camping ini di Baduy Luar pada H-1 acara inti Seba Baduy hingga pada hari-H. Menariknya, panitia akan mengajak para peserta mengikuti perjalanan seba bersama masyarakat Baduy. Wah, pasti bakal seru banget, Sobat Turisian!

Berbagai perlombaan di Seba Baduy 2022

Ada satu lagi yang tak boleh terlewatkan, yakni berbagai perlombaan yang seru dan menarik di Seba Baduy 2022. Antara lain Lomba Menulis Baduy Kamu Milenial, pelaksanaannya pada H-1 acara inti Baduy Seba.

Kemudian ada lagi, Lomba Desain & Fashion Show Baduy di panggung utama. Serta Lomba Foto & Video Promosi Baduy yang digelar secara online.

Baca juga: Wisata Kebun Teh Cikuya Lebak, Keindahan Alam yang Menenangkan Jiwa

Festival Seba Baduy 2022 akan berlangsung secara hybrid, sehingga seluruh masyarakat di mana pun berada bisa menyaksikan secara virtual. Tinggal pantengin kanal YouTube: Lebak Unique Chanel buat nonton siaran langsungnya. Catat ya, biar nggak kelupaan Sobat Turisian!*

 

 

Sumber: Kemenparekraf

Pos terkait