Mengagumi Kemegahan Masjid Sheikh Zayed, Wisata Religi di Kota Solo

Masjid Sheikh Zayed Solo
Masjid Sheikh Zayed Solo.

TURISIAN.com – Jika berencana wisata religi saat Ramadan dan libur Lebaran 2023 di Kota Solo, Sobat Turisian wajib berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed. Salah satu masjid baru nan megah di Surakarta yang resmi buka untuk umum pada 14 November 2022 lalu.

Hebatnya lagi, peresmian masjid yang megah tersebut oleh presiden dari dua negara. Yaitu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Lokasi Masjid Sheikh Zayed ini terletak di Jalan Ahmad Yani No.128 Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Bangunan masjid tersebut menempati lahan bekas Depo Pertamina, dengan luas mencapai 8000 meter persegi.

Keistimewaan tempat ibadah umat Muslim ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Bangunannya terdiri dari dua lantai, lengkap dengan empat menara dan satu kubah utama. Di sini Sobat Turisian bakal melihat 82 kubah dengan hiasan batu pualam putih yang cantik.

Secara keseluruhan, Masjid Sheikh Zayed yang bernuansa emas dan putih nan menawan ini mampu menampung jemaah hingga 10 ribu. Sedangkan untuk bangunan intinya saja, perkiraannya mampu menampung sebanyak 4 ribuan orang.

Bukan hanya arsitektur bangunannya yang indah dan megah, fasilitas masjid ini pun tak kalah mewahnya. Di dalamnya terdapat perpustakaan dengan luas hingga 20 meter persegi. Lalu ada ruang VIP, ruang pengelola, taman, basement untuk tempat wudhu pria dan wanita.

Baca juga: Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

Selain menjadi tempat ibadah umat Islam, Masjid Sheikh Zayed juga menjadi destinasi wisata religi Kota Solo yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi. Sehingga untuk mendukung hal itu, masjid ini memiliki areal parkir yang bisa menampung hingga 28 armada bus.

Harapannya, masjid ini pun dapat menjadi tempat pendidikan dan pengembangan dunia keislaman di Indonesia, bahkan dunia. Oleh sebab itu, di sekitar kompleks masjid ada Islamic Center yang akan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam.

Berbagai kegiatan dan fasilitas yang ada di Islamic Center Masjid Sheikh Zayed ini, antara lain tafsir Al Quran, Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan madrasah. Tak cuman itu, Islamic Center juga akan menjadi tempat pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market.

Simbol Persahabatan Dua Negara

Pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo ini sendiri sebagai simbol persahabatan negara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA). Simbol persahabatan ini pun makin kuat dengan adanya penanaman pohon Sala di area masjid oleh kedua kepala negara saat peresmian.

Walaupun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, dalam masjid ini juga terdapat sentuhan unsur budaya asli Indonesia. Sobat Turisian bisa melihatnya di beberapa bagian lantai masjid, berupa hiasan motif batik, yaitu Batik Kawung.

Baca juga: Berkunjung ke Masjid Laweyan, Bersejarah dan Tertua di Surakarta

Masjid Sheikh Zayed Surakarta menjadi masjid yang spesial dengan arsitektur bangunan yang spesial pula. Sehingga harapannya, warga Solo dan sekitarnya yang datang ke sini bisa menjaga dan merawat masjid pemberian Presiden UEA tersebut dengan baik.*

 

 

Sumber & Foto: Pemkot Surakarta

Pos terkait