Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

Tempat wisata Solo
Taman Cerdas Soekarno-Hatta Jebres, Solo. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Akhir pekan memang waktu yang tepat buat wisata bersama keluarga. Bagi Sobat Turisian yang sudah berkeluarga dan ingin mengajak anak-anak wisata sekaligus belajar, bisa meluncur ke tempat wisata di Kota Solo, Jawa Tengah yang ramah anak.

Sedikitnya ada tiga tempat wisata di Solo yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga. Di objek wisata Solo ini, anak-anak tak hanya senang bermain, tapi juga bisa menambah pengalaman dan wawasana mereka.

Berikut ketiga tempat wisata di Solo yang ramah anak yang menarik buat liburan keluarga di akhir pekan, antara lain:

1. Taman Satwa Taru Jurug (Jurug Solo Zoo)

Jurug Solo Zoo menjadi satu-satunya kebun binatang yang ada di Kota Solo. Tempat wisata ini terletak di tepi Sungai Bengawan Solo. Di dalamnya terdapat koleksi satwa lebih dari 250 ekor, mulai dari mamalia seperti Gajah Sumatera, hewan buas seperti Harimau Sumatera dan buaya muara, aneka burung, rusa, primata, dan lainnya.

Baca juga: Tiga Eks Pabrik Gula Disulap jadi Tempat Wisata Kekinian di Solo Raya

Di sini Sobat Turisian bersama sang anak bisa berinteraksi dengan hewan secara langsung, seperti memberi makan rusa.  Melalui aktivitas ini, anak-anak mendapat edukasi tentang menyayangi hewan sekaligus memberikan pengalaman memberi makan hewan yang berkesan.

Tersedia juga wahana permainan anak lainnya yang seru untuk mencobanya. Di antaranya istana balon, komidi putar, dan kereta listrik mini.

2. Taman Balekambang Solo

Tempat wisata Kota Solo yang ramah anak berikutnya, ada Taman Balekambang Solo. Dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegoro VII untuk kedua putrinya GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta.

Setelah melewati masa revitaliasai tahun 2008, Taman Balekambang Solo menjadi ruang publik yang berfungsi sebagai taman seni, budaya, botani, dan rekreasi. Taman ini berada tak jauh dari Stadion Manahan. Sobat Turisian bisa merencanakan akhir pekan ala piknik di sini sambil menikmati rimbunnya pepohonan.

3. Taman Cerdas Soekarno-Hatta Jebres

Anak-anak pasti akan suka dengan karakter dinosaurus. Nah di Taman Cerdas Soekarno Hatta Jebres Solo, Sobat Turisian bersama sang anak bisa ketemu hewan purba tersebut. Jamin deh anak-anak akan kegirangan dan senang di taman ini.

Baca juga: Nikmati Manis dan Kenyalnya Lenjongan, Makanan Tradisional Asli Solo

Objek wisata Kota Solo ini berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres. Taman ini memberikan ruang untuk anak-anak dalam mengekplorasi alam terbuka. Selain patung dinosaurus, ada juga area patung bertema robot dan tokoh pewayangan.*

 

Pos terkait