Tiga Eks Pabrik Gula Disulap jadi Tempat Wisata Kekinian di Solo Raya

wisata kekinian Solo Raya
Spoor Goela, daya tarik wisata di Agrowisata Sondokoro Tasikmadu. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Ada tiga wisata kekinian di Solo Raya yang merupakan hasil revitalisasi kawasan eks pabrik gula. Dulu di masa kolonial Belanda, wilayah ini banyak menjadi perkebunan tebu dan pengolahan gula. Sehingga banyak meninggalkan bangunan heritage pabrik gula.

Wilayah Solo Raya sendiri merupakan gabungan dari kota/kabupaten di Jawa Tengah. Meliputi Surakarta, Boyolali, Sukaharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan Klaten.

Wisata kekinian eks pabrik gula di Solo Raya ini menampilkan daya tarik wisata yang beragam. Termasuk wisata sejarah berupa peninggalan pabrik gula itu sendiri. Dari bangunannya atau peralatan mesin zaman dulu.

Nah berikut ini ada tiga eks Pabrik Gula yang disulap menjadi tempat wisata kekinian di Solo Raya yang menarik untuk dikunjungi.

De Tjolomadoe

Tempat wisata Karanganyar ini merupakan hasil revitalisasi pabrik gula. Pabrik ini bernama (PG) Colomadu, yang awal berdirinya diprakarsai KGPAA Mangkunegara IV pada 8 Desember 1861.

Wisata De Tjolomadoe menyajikan spot-spot yang menarik dan bagus buat latar foto instegenik. Seperti peninggalan arsitektur PG Colomadu yang masih dipertahankan. Lalu ada museum pabrik gula, tempat pagelaran budaya dan pertemuan yang disewakan untuk umum, kafe outdoor, serta aula multiguna.

PG Colomadu yang memiliki luas area 6,5 ha tersebut, kini menjadi landmark baru bagi tujuan wisata Karanganyar dan Surakarta (Solo). Bagi pecinta wisata selfie, tempat ini jadi tujuan yang tepat. Setiap sudut bekas pabrik gula ini menjadi spot foto yang instagenik.

Baca juga: 3 Tempat Terbaik Menikmati Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Di sana tersedia juga Tjolo Koffie dan Besali Café. Cocok bagi Sobat Turisian yang ingin bersantai dengan nuansa kolonial Belanda. Lokasi De Tjolomadoe berada di Jalan Adi Sucipto No. 165, Desa Malangjiwa, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Selanjutnya, Agrowisata Sondokoro yang berada di kompleks PG Tasikmadu. Kawasan peninggalan Belanda ini, pengelolaannya oleh PTPN Nusantara IX dan mulai buka untuk publik sejak 2005.

Berlokasi di Jalan Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Kabupaten Karanganyar. Dengan luas area mencapai 28 hektare.

Destinasi wisata Karanganyar ini menggabungkan konsep agro dan industri gula dalam nuansa tempo dulu. Dilengkapi beragam fasilitas permainan anak-anak hingga dewasa. Seperti dunia kreasi anak, wahana permainan mandi bola, jembatan gantung PAUD, outbound, taman lalu lintas. Lalu ada lagi air cerdas, audio visual, kolam renang, rumah makan, suvenir, arena refleksi dan terapi, serta monumen mesin giling 1926.

Di sini, Sobat Turisian juga akan mendapatkan edukasi berupa proses pembuatan gula dan sejarah perkembangan gula zaman dulu. Aktivitas yang lebih asyik, mengelilingi kawasan perkebunan tebu dengan sarana transportasi Spoor Teboe dan Spoor Goela.

The Heritage Palace

The Heritage Palace merupakan hasil perubahan dari eks pabrik gula PG Gembongan yang dikembangkan oleh PT Gendhis Mas Sentosa. Lokasinya ada di Jalan Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Tempat wisata di Sukoharjo ini berkembang menjadi wahana wisata keluarga yang di dalamnya menyajikan berbagai wahana. Mulai dari Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Museum Transportasi, Thee Kultur, Convention Hall, Kids Town, Food Street, hingga Museum Industri.

Baca juga: Rekreasi Sambil Edukasi Teknologi di Baron Technopark Yogyakarta

Tersedia juga Convention Hall dan Photo Product untuk acara birthday, wedding, seminar, exhibition, graduate, event, dan prewedding. Dengan tampilan bangunan yang menarik karena mengusung gaya khas Eropa yang mewah dan megah.*

 

Pos terkait