Rekreasi Sambil Edukasi Teknologi di Baron Technopark Yogyakarta

Baron Technopark Yogyakarta
Tugu Jam Matahari di Baron Technopark Yogyakarta. (source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Wilayah Gunungkidul di Yogyakarta tak hanya menyajikan panorama pantai-pantai yang indah, tapi juga memiliki destinasi wisata edukasi mengenal teknologi yang dibangun di pinggir pantai. Tempatnya disebut Baron Technopark.

Objek tersebut dibangun pada 2009 dengan bantuan dari NORAD-Norwegia. Berlokasi di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Berada di kawasan Pantai Parang Racuk, sebelah barat Pantai Baron.

Baron Technopark sendiri sering digunakan sebagai lokasi saran uji terap, destinasi wisata edukasi, dan teknologi pemanfaatan energi baru. Di sana, wisatawan akan mendapatkan dan mempelajari banyak hal menarik.

Baca juga: Watu Tapak Camp Hill, Tempat Terbaik Menikmati Lanskap Jogja

Diantaranya Solar Panel, menara kincir angin, pembibitan tanaman energi yang bersebelahan dengan kebun buah naga, Wind and Wave Turbin, dan masih banyak lagi. Satu spot yang paling populer menarik perhatian wisatawan, yaitu Jam Matahari.

Jam Matahari ini berbentuk sangat sederhana, hanya sebuah lingkaran dengan angka-angka romawi dan tugu miring sebagai jarum jamnya. Di spot itu, wisatawan bisa belajar membaca waktu dengan cara yang berbeda. Juga bisa mengambil foto instagenik di tempat jam tersebut.

Cara kerja Jam Matahari pun cukup mudah dimengerti. Hanya dengan mengandalkan sinar matahari, maka akan bisa terlihat di angka berapa bayangan tugu miring tersebut berada. Jam Matahari ini pun memiliki pengelolaan tata ruang serta keunggulannya sendiri.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta

Tugu jam menarik ini berada di tempat tertinggi dari kawasan wisata Baron Technopark. Untuk menuju ke Jam Matahari, wisatawan harus melewati jalan setapak yang menanjak terlebih dahulu. Saat tiba di atas, pemandangan laut yang membentang luas akan melengkapi rasa puas dan membayar kelelahan.*

 

 

 

 

Pos terkait