Jangan Terlewat, Simak Sederet Kuliner di Festival Jajanan MotoGP Mandalika

Festival Jajanan
Ilustrasi. Jajanan khas Indonesia. (Pexels.com/ @Alexandr Podvalny)

Turisian.com – Bekerja sama dengan Kemenparekraf, salah satu merek kecap ternama asal Indonesia berkolaborasi dalam menghadirkan Festival Jajanan nusantara di Mandalika.

Festival tersebut bertepatan dengan gelaran MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika.

Lebih tepatnya, acara tersebut akan terselenggara pada 18 – 20 Maret 2022 di Pantai Kuta Mandalika.

Dikutip TURISIAN.com- dari Instagram @kemenparekraf.ri pada Kamis, 17 Maret 2022.

Diinformasikan, bahwa setidaknya terdapat enam penjaja kuliner legendaris dalam festival tersebut.

Dengan menjajakan setidaknya 24 kuliner otentik lokal khas Nusa Tenggara Barat yang patut kamu cicipi kelezatannya.

Acara akan dimulai mulai pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat dengan ketentuan bahwa kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

BACA JUGA: Manis Gurih Dijamin Nagih, Cicipi 6 Kudapan Otentik Ini

Cukup daftarkan dirimu di fb.bango.co.id dan ikuti petunjuk yang ada, selebihnya, kamu bisa bertualang rasa di festival kuliner tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tentunya.

Salah satu kuliner legendaris yang bisa kamu jumpai dalam gelaran festival jajanan tersebut adalah makanan dari Mie Aceh Seulawah yang didirikan oleh Ratna Dwikora.

Diketahui, bahwa kuliner khas dari negeri serambi mekah yang melegenda itu didirikan sejak 1996 yang eksistensinya masih terbukti hingga kini.

Ratna Dwikora tidak segan untuk membeberkan kunci dari kelezatan masakannya.

Dikatakan olehnya, bahwa kelezatan hidangannya terletak pada penggunaan mie yang bertekstur tebal yang tentunya diolah sendiri.

Mieh Aceh

Dirinya juga terbilang tidak pelit dalam membumbui hidangannya, sedikitnya ada sekitar 24 jenis rempah yang didatangkan langsung dari Aceh.

Dari penuturannya saja kita bisa membayangkan harum dan gurihnya mie Aceh Seulawah buatannya bukan?

Usaha kuliner yang dikelola oleh Ratna Dwikora sendiri telah bergabung sejak tahun 2006 silam dengan keluarga besar festival makanan yang digadang oleh perusahaan kecap ternama tersebut.

BACA JUGA: 9 Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Dan dirinya merasa bangga dapat menjadikan hidangan pamungkasnya untuk turut menjadi bagian dalam memeriahkan gelaran MotoGP Mandalika pada 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang.

Dirinya tidak ingin mengecewakan pengunjung yang telah memiliki ekspektasi tinggi terhadap hidangannya.

Maka, itulah sebabnya sebagai pelaku usaha di bidang kuliner, dirinya berkomitmen untuk senantiasa menjaga kualitas hidangan di sepanjang acara.

Sehingga dapat terus konsisten menyajikan hidangan terbaik, khususnya kepada para pecinta kuliner yang akan datang nanti.

Traveller juga berkesempatan untuk mencicipi cita rasa otentik khas Lombok, apalagi kalau bukan ayam taliwang.

BACA JUGA: Inilah Dangke, Keju Asli Buatan Indonesia Khas Enrekang

Dalam kesempatan tersebut, kekayaan rempah dari ayam taliwang akan dijajakan oleh rumah makan taliwang irama yang dikelola oleh generasi ketiganya, yakni H. Sofian Maulani.

Sebagai bocoran, ayam taliwang miliknya memang sudah memiliki nama di kalangan pecinta kuliner lokal dan wisatawan mancanegara loh.

Kamu akan disuguhi cita rasa khas Lombok yang telah dikembangkan olehnya sejak 1973 silam.

Usaha yang digelutinya patut diapresiasi, karena berawal dari kios sederhana, hidangan tersebut mampu menjadi salah satu destinasi wisata kuliner ternama di tanah Lombok.

Sebelumnya dikabarkan, demi keselamatan semua pihak, maka festival kuliner tersebut akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol 5M.

Komitmen dari Pemerintah

Festival kuliner ini adalah salah satu upaya Indonesia yang cukup besar dalam perannya untuk membangkitkan perekonomian, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA: 9 Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Dituturkan oleh Muhammad Neil El Himam, M.Sc, selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Bahwa hal tersebut adalah komitmen dari pemerintah untuk bekerjasama bersama stakeholder terkait untuk memajukan kuliner Indonesia.

“Komitmen kami sebagai pemerintah untuk senantiasa bekerja sama dengan pihak stakeholder demi memajukan kuliner Indonesia,” katanya terkait festival jajanan.

“Harapannya, acara ini dapat memperkenalkan sekaligus melestarikan ragam kuliner nusantara hingga ke tingkat dunia,” pungkasnya.

Antusiasme masyarakat terhadap festival kuliner yang telah terselenggara di tahun-tahun sebelumnya pun terbilang sukses.

Dengan demikian, ekspektasi yang sama pun berlaku untuk festival kuliner di Mandalika nanti.

Nah, untuk sobat traveller yang ingin berkunjung jangan lupa untuk daftarkan dirimu terlebih dahulu di website yang telah ditentukan ya, selamat berpetualang rasa di Mandalika!

***

Pos terkait