9 Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

sambal khas nusantara
Ilustrasi: Aneka sambal khas Nusantara. (iStock)

TURISIAN.com – Indonesia patut bersyukur karena dianugerahi beragam kebudayaan, termasuk khazanah kuliner tradisional yang kaya akan rempah. Hal ini tampak pada aneka sambal khas Nusantara dari berbagai daerah yang sangat menggugah selera makan.

Sambal khas Nusantara tergolong makanan pedas namun banyak peminatnya. Dengan cita rasa yang lezat dan ciri khas masing-masing yang mewakili daerah asalnya.

Dari sekian banyak sambal khas yang ada di Indonesia, berikut ini ada 9 macam sambal dengan rasa pedas yang unik dan nampol di lidah namun tetap menggugah selera. Bersumber dari laman Kemenparekraf.

Sambal terasi

Sambal khas Nusantara yang satu ini menjadi yang paling populer dan mudah ditemukan di wilayah Jawa Barat. Masakan masyarakat Sunda ini terbuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir atau gula merah. Dicampur tomat dan terasi untuk menambahkan aroma yang kuat.

Aroma terasi yang kuat dan khas itulah yang dapat meningkatkan selera makan dan pastinya membuat ketagihan. Biasanya, sambal ini cocok dipadukan dengan masakan seperti sayur asem, tempe atau tahu goreng, ayam goreng. Bahkan hanya disantap bersama sepiring nasi hangat pun tetap terasa nikmat.

Sambal pecak

Sambal pecak termasuk yang cukup populer di Indonesia. Sering ditemukan pada hidangan khas Betawi dan Sunda. Bahan yang digunakannya terbilang sederhana, namun kaya rasa.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Dibuat hanya dari campuran cabai merah, jahe, dan bawang. Agar rasanya semakin mantap, ditambahkan gula merah dan santan yang gurih. Lalu dimasak hingga membuat teksturnya sedikit berkuah dan berminyak. Mantap disantap bersama nasi hangat.

Pos terkait