10 Tips Memilih Tenda Sesuai Budget, Kapan Harus Beli?

10 Tips Memilih Tenda
Ilustrasi. Tenda Family. (iStock)

TURISIAN.com – Sangatlah keren jika kamu ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda dengan tidur di dalam tenda, di tengah alam terbuka. Dan 10 tips memilih tenda ini akan membantu kalian.

Sebagai pemula, kalian tidak perlu khawatir soal pilihan tenda. Karena saat ini sudah banyak sekali pilihan tenda yang tersedia di luaran sana.

Namun, juga harus memperhatikan beberapa hal penting supaya kamu tetap bisa memilih tenda terbaik sesuai dengan kebutuhan serta budget yang kamu punya.

BACA JUGA: Pilih Camping di Malang atau Yogyakarta? Ini 5 Tempat Wajib Kamu Coba

Dikutip Turisian.com– dari Big4.com pada Selasa, 15 Maret 2022, berikut adalah 10 tips memilih tenda untuk dapatkan pemilihan tenda terbaik:

1. Pertimbangkan jumlah orang yang akan berada di dalam satu tenda

Ini sangat penting, sebab jumlah orang dalam suatu tenda mempengaruhi ruang gerak di dalamnya.

Saat ini, tenda bukan hanya sekedar menjadi ruang berbaring untuk tidur, di saat hujan, tenda kerap dijadikan tempat santai untuk berteduh dan bersenda gurau.

2. Perhatikan Kondisi Alam Sekitar

Terutama di negara empat musim, kain tenda sangatlah beragam dan dibuat dari jenis kain pilihan yang tepat sesuai dengan musimnya.

Contoh, tenda musim panas biasanya terbuat dari bahan yang cenderung ringan dengan banyak bukaan untuk ventilasi. Sementara tenda musim yang dipakai untuk musim hujan dirancang sedemikian rupa supaya tahan dari terpaan angin kencang serta bahan yang dibuat untuk melindungi dari udara dingin.

BACA JUGA: Tips Solo Traveling Buat Kaum Perempuan, Apa Saja?

Toko Perlengkapan Camping

Tentunya, kamu tidak mau tendamu bolong ketika diterpa angin kencang bukan?

3. Perhatikan Kemudahan Penggunaan Tenda

Di toko perlengkapan camping, kamu mungkin akan melihat ragam tenda fantastis yang dilengkapi dengan begitu banyak ruang penyimpanan. Bahkan bisa untuk menampung hingga 10 orang.

Namun, berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk mendirikan tenda tersebut.

Terlebih jika kamu berkemah dengan jumlah pasukan yang terbilang kecil. Maka, efisiensi waktu yang diperlukan untuk mendirikan tenda sangatlah diperlukan.

Cobalah melihat beberapa ulasan terlebih dahulu dari beberapa tutorial tentang cara mendirikan tenda.

4. Pilihlah Bahan Tenda Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tenda dari bahan katun memang tahan air, namun akan sangat berat ketika bahan ini menyerap air.

Sementara itu, tenda dari bahan nilon dan poliester juga tahan air. Ttetapi sinar matahari yang cukup intens bisa menyebabkan kerusakan pada tenda seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA: 1 Perlengkapan Traveling yang Tidak Boleh Ketinggalan

Hal kecil lainnya yang kerap kali terabaikan ketika memilih tenda adalah resleting tenda, perlu dicatat, resleting adalah salah satu bagian terpenting.

Bayangkan jika kamu sudah apik membeli tenda dengan kualitas kain terbaik, namun resleting tenda tidak menutup dengan sempurna, akan sangat menjengkelkan bukan?

Ukuran dan Berat Tenda

5. Perhatikan Berat Tenda

Bobot dari tiap tenda tentu berbeda, semakin besar orang yang bisa dimuat dalam tenda, semakin berat pula bobot tendanya.

Terlebih jika kamu adalah seorang yang gemar mendaki gunung dan mengharuskanmu untuk hiking dalam jarak yang cukup jauh.

Membayangkannya saja tentu sudah membuat pundakmu letih, jadi pertimbangkanlah hal tersebut supaya staminamu nanti tidak cepat habis terkuras.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Camping, Begini Isi Tendanya

6. Ventilasi Tenda

Bagi para pemula, jangan kaget jika kamu akan mendapati segala sesuatu yang lembap ketika kamu tebangun di dalam tenda di pagi hari.

Kamu bisa melihat jejak-jejak kondensasi di hampir penjuru tenda, dan inilah mengapa ventilasi di dalam tenda sangat penting.

Beberapa tenda kini sudah dilengkapi dengan desain ventilasi yang baik paripurna untuk meminimalisir timbulnya kondensasi.

7. Waspadai Penawaran Untuk Fitur Tambahan

Fokuskan pada apa yang kamu perlukan dari tenda yang ingin kamu beli.

Beberapa sales mungkin akan menawarkan ragam pilihan tenda dengan aksesori tambahan lainnya, seperti kanopi ekstra besar.

Namun, fokuskan terlebih dahulu kepada, jumlah pintu tenda, jumlah ventilasi, ukuran tenda serta kantong penyimpanan untuk membuat tenda tidak berantakan.

Pilihan Bahan Tenda

8. Tidak Boleh Mengabaikan Alas di Dalam Tenda

Khusus untuk tenda keluarga, kamu membutuhkan alas tenda dari bahan yang bagus, kuat serta tahan lama, kemudian jangan lupa bahwa alas tenda harus bisa meminimalisir kelembaban sehingga tidak ada air yang merembes masuk ke dalam tenda.

BACA JUGA: Pesona Pegunungan Kars Desa Wisata Rammang-Rammang yang Menakjubkan

9. Harga

Ini merupakan keputusan yang besar bagi para pemula untuk menjadi pembeli yang pintar dan bijak.

Semua tentu memiliki anggaran yang berbeda, namun perlu digaris bawahi, bahwa tidak semua tenda dengan harga yang luar biasa diiringi dengan kualitas yang paripurna.

Bahkan, beberapa produsen bisa memberi diskon 40 hingga 50 persen setiap tahunnya di waktu-waktu tertentu.

10.Perhatikan Ulasan dari Pembeli

Ketika kamu terlanjur membeli tenda dan ada kerusakan dari pabrikan, akan sangat menyebalkan jika pihak toko berkesan angkat tangan.

Inilah mengapa, membaca ulasan di blog maupun forum dari pembeli sebelumnya bisa menjadi referensi sebelum kamu memutuskan membeli.

Beberapa produsen besar bahkan berani memberikan garansi terhadap produk yang mereka jual.

Pastikan kamu teliti sebelum membeli tenda dengan kualitas terbaik, dan selamat berkemah.  ***

Sumber: big4.com.au

Pos terkait