Pesona Pegunungan Kars Desa Wisata Rammang-Rammang yang Menakjubkan

Desa Wisata Rammang-Rammang
Keindahan alam Desa Wisata Rammang-Rammang. (iStock)

TURISIAN.com – Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan memiliki satu desa dengan panorama pegunungan kars yang menakjubkan. Bahkan digadang-gadang sebagai pegunungan kars yang terluas dan terindah ke-2 di dunia. Dikenal dengan nama Desa Wisata Rammang-Rammang.

Lokasinya berjarak 32 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Pesonanya kini sedang diajukan masuk daftar UNESCO Global Geopark (UGG).

Tak hanya berbekal keindahan alam, Desa Wisata Rammang-Rammang juga memiliki daya tarik lain. Diantaranya seni budaya, kuliner, akomodasi, dan hal-hal lainnya yang unik dan menakjubkan.

Berikut ini ada beberapa hal unik yang menjadi daya tarik desa tersebut, dirangkum dari laman indonesia.travel!

1. Pegunungan Karst yang Menakjubkan

Daya tarik utama desa wisata ini, berupa pesona keindahan pegunungan kars (kapur) yang berdiri kokoh. Menjulang tinggi dikelilingi sungai dan areal persawahan.

Di tempat ini, wisatawan dapat sekaligus menikmati pemandangan sungai dan persawahan yang  asri dan menyejukkan. Terlebih saat berkunjung pada pagi hari atau setelah hujan, pemandangan yang disajikannya benar-benar eksotis berselimut kabut.

Baca juga: Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

Inilah yang melahirkan nama desa, Rammang-Rammang. Dalam bahasa setempat, kata tersebut berarti kabut atau awan.

2. Berburu Foto Instagenik di Hutan Batu

Aktivitas wisata yang juga bisa dilakukan dan tak boleh terlewatkan di Desa Wisata Rammang-Rammang yakni berburu foto instagenik. Salah satu spot favoritnya Hutan Batu. Disebut hutan batu karena hampir seluruh areanya didominasi tebing-tebing batu berongga yang menyerupai gua.

Pos terkait