Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

geopark di sumbar
Danau Maninjau. (source: indonesia.travel)

Turisian.com – Sumatera Barat menjadi salah satu wilayah di nusantara yang memiliki situs geopark (taman bumi) terbanyak. Geopark-geopark di Sumatera Barat (Sumbar) menyajikan daya tarik dan keunikannya tersendiri. Sehingga menarik untuk dikunjungi para wisatawan, terutama yang hobi dengan fotografi.

Di bawah ini ada rekomendasi tiga geopark di Sumbar yang wajib dikunjungi. Selain itu juga sudah cukup populer sebagai wisata unggulan Sumbar.

Danau Maninjau

Geopark di Sumbar yang pertama, ada Danau Maninjau yang merupakan danau vulkanik. Dengan luas mencapai 100 km persegi dan kedalaman hingga 480 meter.

Berada di atas ketinggian 460 mdpl, tepatnya 38 km sebelah barat Kota Bukittinggi. Nama danau ini diambil dari kata ‘maninjau’ yang berarti memandang ke seberang.

Jika ingin menikmati keindahan lanskap Danau Maninjau membentang sempurna, wisatawan bisa melihatnya dari Puncak Lawang, sebuah bukit pinus yang ada di sekitar danau. Di sana juga wisatawan dapat mengunjungi desa petani dan beinteraksi langsung dengan warga setempat.

Nikmati pula petualangan menelusuri Kelok 44 yang memiliki 44 tikungan jalan. Berlatar pemandangan hijau dari sawah dan hutan dengan hawa yang sejuk.

Ngarai Sianok

geopark sumbar
Ngarai Sianok yang menakjubkan. (indonesia.travel)

Ngarai Sianok berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang memisahkan Kota Bukittinggi dengan Kota Gadang. Pesona Ngarai Sianok sangat menakjubkan dan memanjakan mata siapa pun yang melihatnya.

Pesona Ngarai Sianok tampak pada dua tebing curam yang berdiri kokoh setinggi 100-120 meter. Membentang sepanjang 15 km saling berhadapan, berlatar Gunung Singgalang. Dihiasi hamparan hijau persawahan dan aliran sungai berkelok nan elok.

Spot terbaik menikmati keindahan ngarai ini, yani Taman Panorama di Bukittinggi. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau memilih menyewa andong untuk sampai ke taman tersebut. Setelah puas menikmati keindahan Ngarai Sianok, berkunjunglah ke Kota Gadang, tempat penghasil kerajinan perak di Sumatera Barat.

Danau Singkarak

geopark sumbar
Danau Singarak. (indonesia.travel)

Singarak menjadi danau terlebar di Sumatera Barat dan terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Dengan luas sekitar 107,8 kilometer persegi, panjang 21 kilometer, dan lebar 7 kilometer.

Danau Singkarak bisa diakses dari tiga kota sekaligus, berjarak sekitar 70 km dari Padang, 20 km dari Solok, dan 36 km dari Bukittinggi. Di samping strategis, danau ini pun terkenal berkat pemandangan yang memesona.

Bagaimana tidak, sejauh mata memandang, wisatawan akan dimanjakan hamparan air berwarna biru cantik dan pegunungan megah sebagai latarnya. Jangan lupa untuk mengabadikan panoramanya lewat jepretan kamera.*

Pos terkait