Wisata Kekinian ala Dusun Semilir Semarang dengan Spot-spot Instagrammable

Tempat Wisata Semarang
Bangunan mirip Candi Borobudur di Dusun Semilir. (source: Dispar Kab. Semarang)

TURISIAN.com – Kabupaten Semarang memiliki tempat wisata kekinian yang tengah digandrungi khalayak. Namanya Dusun Semilir, sebuah ecopark menyuguhkan spot-spot instagrammable yang menarik hingga bikin viral di media sosial.

Eco Park Dusun Semilir berada di Jalan Sukarno Hatta No 49 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Suasana destinasi wisata buatan ini sangat asri hingga membuat nyaman dan betah berlama-lama.

Daya tarik yang unik di sana, salah satunya bangunan unik dengan arsitektur menyerupai stupa Candi Borobudur. Terdiri dari 2 lantai, lantai pertama menjadi pusat oleh-oleh, sedangkan lantai kedua dibuat untuk restoran.

Beragam spot foto di sana banyak diburu wisatawan untuk menambah koleksi di media sosialnya. Berikut spot-spot menarik tersebut yang bisa dinikmati di Dusun Semilir!

Gunungan Resto

Inilah restoran yang berada di lantai 2 bangunan mirip stupa Borobudur. Di situ, pengunjung akan mendapat kenikmatan ganda, bisa menyantap hidangan lezat dan dimanjakan oleh panorama hutan alam di sekitar dihiasi deretan gunung-gunung.

Gunungan Foodpark

Area ini menghadirkan konsep tempat makan dengan banyak restoran dan beragam menu kuliner khas Indonesia. Selain itu, sistem pembayarannya pun sudah dilakukan secara nontunai. Di mana pengunjung akan menggunakan kartu Dusun Semilir yang telah di topup minimal Rp.50.000 untuk membayar beragam hidangan.

Teras Gunung

Teras Gunung merupakan area berupa jalan yang menghubungkan Lobby Stupa menuju ke taman wisata. Saat wisatawan melewati jembatan layang ini, akan menemukan beberapa stand makanan, minuman hingga aksesoris. Lokasi ini juga sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan karena suasana cukup instagenik.

Baca juga: Nongkrong Asyik Sambil Ngopi di Tiga Kafe dan Resto Semarang Berikut Ini!

Banyu Biru

Kolam Banyu Biru yang berarti air biru ini, merupakan salah satu spot foto favorit di tempat ini. Daya tariknya berupa patung berbentuk manusia setengah badan yang tersusun dari kayu, terletak di tengah kolam.

Banyu Biru bisa menjadi titik foto instagenik. Tipsnya mengambil sudut di tengah kolam, dimulai dengan berjalan melalui pijakan berupa lingkaran batu yang disusun berjajar. Dijamin hasil fotonya ciamik dan bikin puas.

Pet Village

Masih ada lagi spot di Dusun Semilir yang pas untuk berburu foto instagenik. Ada area taman wisata Pet Village, seluas 20.000 m2. Taman bermain ini berisi hewan-hewan peliharaan lucu dan menggemaskan. Area ini juga menjadi tempat bermain yang ramah anak-anak di destinasi wisata hits di Semarang ini.

Jembatan Senggol

Terakhir ada spot berupa jembatan yang dikenal dengan sebutan Jembatan Senggol. Tempat ini menjadi spot foto yang keren, baik pada siang hari maupun malam hari. Terlebih mengambil gambar bersama pasangan tercinta.

Harga Tiket Dusun Semilir

Objek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB. Untuk masuk ke sana, wisatawan dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau, sekitar Rp.20.000 (weekday) dan Rp.25.000 (weekend).

Harga tiket masuk bisa berubah setiap waktu dan belum termasuk retribusi parkir kendaraan. Dusun Semilir buka setiap hari

Rute Perjalanan

Perjalanan menuju ke destinasi wisata Dusun Semilir, bisa ditempuh dari tiga rute. Rute pertama dari Semarang arahkan perjalanan menuju ke Bawen dan lokasi Dusun Semilir berada di kanan jalan. Letaknya sebelum pertigaan arah Jogja atau sebelum terminal Bawen.

Baca juga: Lima Tempat Wisata Semarang yang Bikin Rileks

Apabila mulai dari exit tol Bawen, tinggal belok kanan lalu ikuti jalan utama hingga melihat bangunan stupa di kiri jalan. Rute berikutnya dari Salatiga, ikuti Jalan Raya Semarang-Solo hingga lewat terminal Bawen atau pertigaan Jogja. Dari situ tak jauh akan melihat stupa besar di kiri jalan.*

Sumber: Dispar Kab. Semarang

 

Pos terkait