Menikmati Keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta

pantai indrayanti
Lanskap Pantai Indrayanti dengan pasir putih dan latar bukit karang. (Turisian_Iwan)

Turisian – Gunungkidul Yogyakarta menyimpan banyak destinasi pantai yang memesona dan wajib dikunjungi saat momen liburan. Ada  Pantai Indrayanti yang menjadi unggulan dan favorit para wisatawan.

Lokasinya berada  di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Tercatat secara resmi dengan nama Pantai Pulang Sawal. Namun wisatawan lebih senang menyebutnya dengan Pantai Indrayanti. Sebutan itu diambil dari nama kafe dan restoran di pinggir pantai itu yang terpampang jelas pada sebuah papan nama.

Lepas dari kontroversi soal nama, Pantai Indriyanti memang menyajikan panorama alam yang cantik memesona. Dengan lanskap hamparan pasir putih, air yang jernih, ombak relatif kecil, serta diapit dua bukit karang, sungguh memanjakan mata.

Wisatawan bisa puas dan betah berlama-lama untuk berenang, bermain pasir, atau sekadar berfoto selfie. Untuk mendapat sudut pandang foto yang ciamik, bisa naik ke bukit karang. Di situ, bentangan pantai akan tampak jelas seluruhnya. Cocok juga sebagai spot menikmati momen sunset dan sunrise.

Jika tak ingin lelah beraktivitas, wisatawan dapat memilih menikmati panorama pantai dengan duduk santai di kedai makanan pinggir pantai. Lebih nikmat lagi sambil ditemani kesegaran kelapa muda.

Fasilitas & Aksesibilitas

Destinasi pantai ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai. Seperti akomodasi penginapan berupa cottages, homestay, hingga hotel yang berada dekat bibir pantai. Terdapat pula fasilitas lainnya, antara lain gazebo, payung pantai, restoran, kafe, toilet, dan musala.

Tersedia juga wahana wisata waterspot jetski dan playground untuk anak-anak. Ada perosotan, bangku putar, dan panjat tali.

Rute menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul, bisa menggunakan rute Jogja-Piyungan-Patuk-Sambipitu. Kemudian ke arah Hutan Bunder-Gading-Longandeng-Siyono-Bunderan Tugu BPD. Dari situ ke Jalan Kyai Legi-Jalan Lingkar Selatan-Jalan Djojodiningrat-Jalan Giri Subo-Wonosari-Jalan Saptosari-Tepus.

Jika sudah tiba di Tepus, Anda dapat mencari pertigaan Desa Tepus. Di titik tersebut, Anda bisa memilih pintu masuk dari Timur atau Barat.*

Pos terkait