3 Tempat Terbaik Menikmati Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Waduk Gajah Mungkur
Puncak Watu Cenik, salah satu tempat menikmati pesona Waduk Gajah Mungkur. (source: pariwisatasolo.surakarta)

TURISIAN.com – Wonogiri, Jawa Tengah yang terkenal karena para pedagang mie ayam yang khas “Kota Gaplek” ini bertebaran di kota-kota besar, terutama Jakarta. Namun selain kuliner, Wonogiri juga menyimpan danau buatan yang memesona, Waduk Gajah Mungkur tempatnya.

Waduk Gajah Mungkur menyajikan panorama memesona dengan hamparan sabuk hijau yang mengelilinginya, beserta deretan permukiman penduduk. Ditambah lapisan perbukitan kars yang memanjakan mata.

Untuk memuaskan Sobat Turisian yang ingin menikmati pesona waduk ini, bisa menuju tiga bukit di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Tiga Spot tersebut menyuguhkan view terbaik waduk dari ketinggian.

Ketiga bukit itu, antara lain Bukit Soko Gunung, Bukit Joglo, dan Puncak Watu Cenik. Dari semua spot ini, Bukit Soko Gunung menjadi tempat yang tertinggi.

Bukit Soko Gunung

waduk gajah mungkur

Soko Gunung merupakan sebuah bukit yang tertinggi di sana, ketinggian wilayahnya mencapai 780 mdpl. Di tempat ini, ada sekitar tiga dek pengamatan keindahan hamparan Waduk Gajah Mungkur. Bahkan menjadi spot fotogenik yang instagenik dengan hasil foto terbaik.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Namun untuk sampai di tiga dek tersebut, Sobat Turisian harus trekking singkat di jalur yang sedikit menanjak. Di dek pertama, tersedia bangku panjang. Dek kedua hanya berupa bebatuan gamping besar, dari titik ini sudah tampak pemandangan waduk dan Kota Wonogiri.

Lanjut lagi ke dek ketiga terdapat menara pandang dari bambu dan jembatan selfie yang menjadi titik favorit pengunjung. Di spot ini, Sobat Turisian akan puas menikmati panorama waduk yang menakjubkan, jangan lupa abadikan lewat jepretan kamera.

Bukit Joglo

waduk gajah mungkur

Spot berikut ini memiliki ketinggian lebih rendah dari Puncak Soko Gunung. Namun tempatnya tempatnya lebih lapang membuat Waduk Gajah Mungkur jauh lebih jelas terlihat. Bukit Joglo dikenal juga sebagai Bukit Gantole karena menjadi titik pelepasan ramp gantole yang aktif beroperasi.

Pos terkait