Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Selamanik Ciamis dan Coba Arung Jeram Cimuntur

Desa Wisata Selamanik
Menparekraf menjajal arung jeram di Sungai Cimuntur, Desa Wisata Selamanik Ciamis Jabar.

TURISIAN.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kunjungi Desa Wisata Selamanik, Ciamis, Jawa Barat. Di sana, Sandiaga pun menjajal wisata arung jeram (rafting) sebagai penanda terbukanya potensi unggulan terbaru di desa ini.

Desa wisata yang berada di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini, masuk dalam 75 desa wisata terbaik. Dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Desa tersebut memiliki potensi wisata arung jeram di aliran Sungai Cimuntur dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Kunjungan Sandiaga ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat Desa Wisata Selamanik ini. Tidak sedikit yang mengabadikan momen tersebut dengan gawai masing-masing. Dengan senyum hangat, ia balik menyapa masyarakat.

“Saya alhamdulillah merasakan langsung keindahan dari desa ini. Dan ternyata Sungai Cimuntur ini mempunyai banyak daya tarik. Oleh karena itu, saya nyatakan Desa Wisata Selamanik sebagai desa wisata terbaik berkelas dunia,” ungkap Sandiaga, usai menjajal arung jeram, Kamis (6/4/2023).

Selain itu, Desa Wisata Selamanik juga memperoleh karunia tanah yang sangat subur. Karena letaknya yang berada di daerah kaki Gunung Sawal serta sekelilinginya perbukitan. Potensi ini lantas masyarakat desa manfaatkan untuk mengembangkan agrowisata sebagai daya tarik wisata lainnya.

Sobat Turisian pun bisa langsung berpartisipasi saat panen tiba. Ada berbagai tanaman pertanian di sini yang jika oanen kalian bisa mengikutinya. Mulai dari bawang merah besar, timun, terong ungu, hingga kacang.

Ada hal yang menjadi perhatian utama Menparekraf Sandiaga, berkaitan dengan homestay. Dari 70 homestay yang ada di Desa Wisata Selamanik, baru tiga yang siap wisatawan sewa dan gunakan.

Baca juga: Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Danau Buatan yang Indah dan Bersejarah

Oleh karena itu, Sandiaga menugaskan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua untuk bekerja sama dengan PT. Oyo Rooms Indonesia. Untuk memberikan pendampingan juga agar kelengkapan homestay bisa terisi.

“Ini yang akan kita pasarkan agar lebih memberikan pendapatan dan penghasilan kepada masyarakat,” ujar Sandiaga.

Ekonomi Kreatif Desa Selamanik

Di sisi ekonomi kreatif, Desa Wisata Selamanik menawarkan berbagai produk kuliner buah karya Ibu-ibu PKK. Antara lain Sirup Honje Merah, Manisan Terong Ungu, Keripik Daun Sirih, Keripik Antanan. Sementara, dari subsektor seni budaya dan pertunjukkan, ada Seni Maenpo, Gulang-gulang, Seni degung, dan Seni Dog-dogan.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berharap kedatangan Menparekraf di desa wisata ini membawa berkah untuk masyarakat desa. Dan menjadi motivasi bagi 257 desa lainnya yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Masih ada desa wisata yang ada di Ciamis yang harus kita kembangkan. Harus kita tingkatkan untuk menjadi destinasi wisata baik dari lokal maupun mancanegara,” tutur Herdiat.

Setelah visitasi ke Desa Wisata Selamanik, Sandiaga lanjut menghadiri pelatihan “Ikan Air Tawar dan Pakan Mandiri Maggot serta Olahan Ikan” di AKAW Farm, Ciamis. Dalam pelatihan itu, Sandiaga memberikan semangat dan motivasi serta kiat-kiat menjadi pengusaha sukses. Salah satunya berani mengambil resiko dan tidak takut akan kegagalan.

Baca juga: Mengenal Galendo, Camilan Manis Oleh-Oleh dari Ciamis

Turut mendampingi Menparekraf, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso. Serta Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua.*

 

 

Sumber & Foto: Siaran Pers Kemenparekraf

Pos terkait