Mengenal Galendo, Camilan Manis Oleh-Oleh dari Ciamis

Galendo
Tampilan Galendo sebelum dikemas. (dok. Pemprov Jabar)

 

TURISIAN.com – Berlibur ke suatu daerah tak lengkap rasanya jika tak mencoba mencicipi atau membawa oleh-oleh makanan khas daerah tersebut. Biasanya makanan khas mempunyai cita rasa tersendiri dan unik otentik yang wajib dicoba. Seperti saat Sobat Turisian berlibur atau melintas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bisa membeli galendo sebagai oleh-oleh khasnya.

Galendo merupakan salah satu makanan khas Ciamis yang bercita rasa manis, termasuk dalam camilan atau makanan ringan. Camilan manis dari Ciamis ini terbuat dari ampas kelapa yang dimasak. Gimana unik kan Sobat Turisian.

Untuk menikmati camilan manis tersebut, Sobat Turisian bisa menyantapnya bersama segelas teh hangat agar lebih nikmat. Disajikan sebagai makanan ringan di waktu-waktu santai atau menjadi hidangan penutup.

Baca juga: Referensi Oleh-oleh Khas Ciamis Serba Manis

Sejak dulu galendo bertahan dengan rasa gula aren yang menjadi ciri khas otentiknya. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang makanan dari Ciamis ini hadir dengan beragam pilihan rasa. Kemasannya pun sudah menarik dengan menggunakan alumunium foil, sehingga dapat bertahan lama dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Pembuatan Galendo

Menurut salah seorang pengusaha industri galendo, H. Endut saat bertemu di tempat usahanya, pembuatan camilan ini melalui beberapa tahapan. Prosesnya mulai dari pengumpulan bahan baku kelapa, lalu pengupasan kelapa dan memarut kelapa hingga menjadi air santan.

Kemudian memasak air santan itu dengan cukup lama hingga terbentuk serbuk-serbuk galendo. Setelah itu masuk proses pengepresan dan pembentukan, serta pengemasan ke dalam wadah anyaman bambu.

Selain itu, dari proses pembuatan galendo juga menghasilkan minyak hasil pengepresan yaitu virgin coconut oil atau minyak keletik, sebutan masyarakat Sunda untuk minyak ini. Sobat Turisian bisa membeli dan mencoba minyak keletik ini yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Cagar Budaya Ciung Wanara, Jejak Kejayaan Kerajaan Galuh di Ciamis

Produk galendo buatan H. Endut tersebut melalui proses pengolahan yang higenis dan tidak meninggalkan metode tradisional. Rasa galendonya pun beragam, seperti rasa original, coklat, kacang, pisang, dan rasa susu. Harga jualnya masih terjangkau dan kemasannya menarik.*

 

 

Pos terkait