Yuk Liburan ke Pulau Tunda Banten, Sajikan Pemandangan Menawan dan Tempat Snorkeling Terbaik!

Pulau Tunda
Pulau Tunda dengan air laut yang biru dan jernih. (source: Disbudpar Banten)

TURISIAN.com – Masih nyari tempat asyik buat libur Lebaran, Sobat Turisian? Gimana kalau coba berkunjung ke Pulau Tunda di wilayah Serang, Banten. Lokasi yang tak terlalu jauh dari Jakarta.

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di utara teluk Banten, dengan luas sekitar 300 hektar. Jika dilihat dari atas udara, pulau ini tampak memanjang. Meski tergolong pulau yang kecil, namun Tunda berpenghuni  dan memiliki sejumlah objek wisata yang nenarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Tunda masih masuk dalam gugusan Pulau Seribu yang terkenal akan spot snorkelling yang indah dan menakjubkan. Menjelajahi keindahan pulau yang tersembunyi ini menjadi kegiatan berwisata seru yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi, keindahan pantainya sangat menarik untuk Sobat Turisian eksplor lebih jauh.

Saat berlibur di tempat wisata ini, Sobat Turisian bisa isi dengan aktivitas berlayar sambil melihat pemandangan laut dan atraksi lumba-lumba. Bagi Sobat Turisian yang suka memancing bisa disalurkan bakatnya di sini. Spot nyaman untuk memancing, bisa pilih dekat dermaga atau sekitar tempat menyelam.

Aktivitas Wisata di Pulau Tunda

Tambah seru lagi dengan kegiatan berenang, snorkeling, atau menyelam. Sobat Turisian bisa merasakan kesegaran air pantai berwarna biru bening dan menikmati keindahan bawah laut di sana. Aktivitas biota laut seperti terumbu karang dan ikan yang cantik yang terawat di pantai ini.

Bagi Sobat Turisian yang ingin menikmati wahana snorkelling, dapat melakukannya di bagian barat pulau tersebut, ada spot snorkelling Villa, Cemara, dan Mercusuar. Semua kegiatan air di sini bisa Sobat Turisian nikmati kapan pun karena air laut cukup jernih dan visibilitasnya cukup bagus.

Baca juga: Pulau Dua Banten Sajikan Keindahan Alam dan Atraksi Ribuan Burung

Selepas berkegiatan di air, saat memasuki senja hari, Sobat Turisian akan disuguhi keindahan matahari terbenam di dermaga Pantai Seputih, Pulau Tunda. Di dermaga yang berjuluk ‘Dermaga Galau’ inilah, Sobat Turisian bisa menikmati hembusan angin pantai yang menyapa tubuh.

Pemandangan laut biru dengan ombak yang cantik di tempat wisata Banten ini, sungguh memanjakan mata. Apalagi suasananya yang tenang dapat membantu menenangkan pikiran dan jiwa Sobat Turisian semua.

Selain menyajikan pantai yang memesona, Pulau Tunda juga menyimpan keindahan hujan, perbukitan, hamparan sawah yang menghijau, serta lokasi menarik di pedesaan Wargasara. Di desa ini, Sobat Turisian bisa beretemu warga yang ramah dan  menyaksikan berbagai aktivitas warga seperti bertani, berkebun maupun berlayar mencari ikan.

Jika betah di pulau ini dan ingin menginap untuk menikmati suasana malam, Sobat Turisian bisa pilih akomodasi penginapan di sana. Tersedia homestay dan pondok-pondok penginapan.

Akses ke Pulau Tunda

Akses menuju lokasi Pulau Tunda, Sobat Turisian dapat melakukan perjalanan melalui Tol Kebon Jeruk-Merak. Kemudian keluar di Gerbang Tol Serang Timur, lalu lanjutkan perjalanan menuju Dermaga Karang Hantu.

Baca juga: Melihat dari Dekat Puing Keraton Surosowan, Sisa-Sisa Kejayaan Kasultanan Banten

Setibanya di Dermaga Karang Hantu, Sobat Turisian harus menyewa perahu kayu atau menggunakan KMP Tunda bila ingin segera sampai. Perjalanannya sekitar 2 jam dengan perahu, tapi bila menggunakan kapal boat bisa lebih cepat.*

 

Pos terkait