Santai Sejenak Kala Sore Hari di Istana Taman Jepun Bali

istana taman jepun bali
Suasana asri di Istana Taman Jepun Denpasar, Bali. (source: Dispar Denpasar)

TURISIAN.com – Saat liburan ke Bali nanti, jangan lewatkan ya berkunjung ke Istana Taman Jepun Bali atau Bali Frangipani Palace. Tempat wisata Denpasar yang bisa jadi alternatif jika Sobat Turisian bosan dengan nuansa pantai.

Istana Taman Jepun Bali menyajikan ratusan varietas bunga jepun atau bunga kamboja. Bunga-bunga itu pun menghiasi sebuah danau dan area sekitar, membuat suasana semakin asri dan memanjakan mata.

Lokasi Taman Jepun Bali ini berada di tengah hiruk pikuk Kota Denpasar. Sehingga menjadi pilihan tepat bagi Sobat Turisian yang mencari ketenangan setelah lelah beraktivitas di kota.

Destinasi wisata Denpasar tersebut, pada dasarnya merupakan tempat pelestarian plasma nutfah Indonesia. Spesifiknya bunga jepun atau kamboja, frangipani, dan plumeria.

Menurut Oka Dipa selaku pendiri, di tempat itu terdapat sekitar 400 varietas bunga jepun di lokasi seluas 2,5 hektare ini. Total 400 varietas itu, terdiri dari 140 varietas berasal dari Bali. Sedangkan sisanya sebanyak 260 varietas berasal dari luar negeri, khususnya Hawaii dan Thailand.

Begitu memasuki area taman, Sobat Turisian akan menjumpai patung kepala Charles Plumier. Plumier merupakan seorang ahli botani dari Prancis yang menemukan genus Frangipani bernama Plumeria. Ia melakukan tiga ekspedisi botani ke Hindia Barat dan mendapat pengakuan sebagai botanis oleh Raja Louis XIV.

Baca juga: Tak Hanya Pantai, Bali Punya Wisata Fotogenik Big Garden Corner

Masuk lagi lebih dalam, akan tampak danau buatan yang cukup luas menyajikan pemandangan yang asri nan indah. Beragam jenis unggas pun ada di sana, khususnya angsa hitam, angsa putih, itik, dan berbagai jenis burung air.

Tempat wisata Istana Taman Jepun ini, buka mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WITA. Sore hari menjadi waktu kunjungan favori sebab cahaya matahari tak lagi menyengat dan suasananya makin eksotis romantis.

Aktivitas Wisata Taman Jepun Bali

Di sana Sobat Turisian bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Mulai dari sekadar rehat hingga aktivitas olahraga. Ada empat aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di lokasi ini, yaitu yoga, panahan, sepak bola, dan gateball. Tempat ini menyediakan lapangan gateball berstandar internasional.

Gateball merupakan olahraga rekreasi yang dimainkan dua tim menggunakan tongkat pemukul khusus. Olah raga ini aslinya berasal dari Memuro, sebuah kota kecil di Hokkaido, Jepang dan sudah dikenal sejak 1947. Kini olahraga tersebut sedang digandrungi banyak kalangan di Indonesia.

Selain itu, Taman Jepun ini bisa juga menjadi venue untuk berbagai acara. Seperti gathering, pertemuan kerja (meeting), pesta pernikahan (wedding), ulang tahun, atau berolahraga. Tersedia pula aneka menu makanan dengan harga cukup terjangkau di Restoran La Jepun.

Baca juga: 7 Wisata Ayunan di Bali, Spot Foto Instagenik Meski Harus Uji Nyali

Masuk tempat wisata taman ini, Sobat Turisian cukup membayar sekira Rp10 ribu untuk tiket masuknya. Alamatnya berada di Jalan Hayam Wuruk No. 104H, Kota Denpasar, Bali.*

Pos terkait