Yuk Tambah Wawasan Sejarah di Museum Multatuli Banten!

Museum Multatuli
Museum Multatuli Lebak Banten. (Source: museummultatuli.id)

TURISIAN.com – Kabupaten Lebak, Banten memiliki sebuah museum yang menarik buat Sobat Turisian datangi untuk menambah wawasan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Namanya Museum Multatuli, yang buka untuk umum sejak 11 Februari 2018.

Objek wisata edukasi Lebak ini menyimpan jejak semangat tokoh pembela Tanah Air. Nama Multatuli diambil dari nama pena Eduard Douwes Dekker. Ia pernah menulis sebuah novel fenomenal yang terbit di tahun 1860 berjudul Max Havelaar.

Novel tersebut merupakan karya penting yang memantik sikap membela kaum tertindas kala itu. Terutama pada masa kependudukan Hindia Belanda di Indonesia. Catatan dan jejak Multatuli di Indonesia kemudian dikumpulkan dan tampil di dalam Museum Multatuli.

Museum ini mengusung tema “museum anti­kolonialisme”. Di dalamnya, Sobat Turisian bisa melihat berbagai koleksi sejarah kolonialisme sebagai pengantar sampai dengan pergerakan anti­kolonialisme.

Baca juga: Lepas Kepenatan dengan Bersantai Ria di Bukit Curahem Shorea Forest Lebak

Secara keseluruhan, Museum Multatuli Kabupaten Lebak ini memiliki luas tanah 1934 m2. Menempati sebuah bangunan peninggalan Hindia Belanda yang saat ini berstatus sebagai cagar budaya yang sempat beberapa kali beralih fungsi.

Bangunan heritage ini selesai pembangunannya pada 1930 dan berfungsi sebagai kantor kawedanan. Kemudian pada 1950 menjadi Kantor Markas Wilayah (Mawil) Hansip.

Terakhir berfungsi sebagai Kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lebak). Baru pada tahun 2016, berlangsung pemugaran bangunan ini untuk menjadi Museum Multatuli hingga kini.

Tempat wisata edukasi ini pun sudah lengkap dengan sejumlah fasilitas pendukung di dalamnya. Meliputi pendopo, ruang pameran museum, kantor, toilet, taman, area parkir, dan tempat penyimpanan koleksi.

Baca juga: Wisata Kebun Teh Cikuya Lebak, Keindahan Alam yang Menenangkan Jiwa

Kalau Sobat Turisian hobi wisata sejarah dan tertarik dengan museum ini, langsung saja meluncur ke tempatnya. Lokasi museum yang satu ini terletak di Jalan Alun-Alun Timur No. 8, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.*

 

Pos terkait