Pura Taman Ayun, Taman Indah Peninggalan Kerajaan Mengwi Bali

Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun, Badung, Bali.

TURISIAN.com – Pulau Dewata mempunyai banyak pura sebagai tempat beribadat umat Hindu, sekaligus menjadi objek wisata religi dan budaya. Salah satunya Pura Taman Ayun yang berada di Desa Mengwi, Kabupaten Badung. Sekitar 60 menit berkendara atau 31 km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Selain menjadi tempat ibadat, pura ini juga memiliki taman indah yang menarik buat rekreasi saat liburan di Bali. Namanya Taman Ayun yang  berarti taman indah. Berdiri sejak zaman kerajaan, tepatnya pada tahun 1634 oleh raja pertama Kerajaan Mengwi, I Gusti Ngurah Agung Sakti atau Tjokorda Blambangan.

Objek Pura Taman Ayun ini merupakan sumber irigasi, atau pura ibu dan pemersatu masyarakat. Fungsi irigasi dapat Sobat Turisian lihat buktinya di lokasi langsung berupa genangan air yang mengelilingi candi. Aliran ini bermanfaat bagi petani untuk pengairan persawahan di sekitar candi.

Baca juga: Upacara Adat Mekotek, Tradisi Tolak Bala yang Unik dari Badung Bali

Pura induk dan fungsi pemersatu, tampak dengan keberadaan pura sebagai tempat peribadatan bagi masyarakat yang memiliki garis keturunan yang sama. Untuk mempersatukan mereka sebagai satu keluarga besar.

Konsep Pembangunan Pura Taman Ayun

Berdasarkan sejarah berdirinya dan fungsinya, bisa dikatakan jika pura ini merupakan perpaduan antara keindahan alam dan mata air. Berkat keahlian Raja Tjokorda Way Blambangan yang berhasil mengintegrasikan menjadi tempat yang indah. Sekaligus membangun sistem irigasi untuk kemakmuran rakyatnya. Harmoni yang sempurna antara manusia dan alam.

Pembuatan Pura Taman Ayun mengusung konsep taman tradisional Bali yang di sekelilingnya terdapat sungai buatan dengan berbagai jenis tumbuhan langka khas Bali. Kemudian keindahan bentang alam berpadu dengan bangunan suci Meru tumpang Solas.

Meru tumpang Solas sendiri merupakana bangunan beratap ijuk sebagai materialnya. Sedangkan Meru paling bergengsi berisi 11 tingkatan. Meru juga melambangkan istana yang sebagai tempat suci para Dewa.

Baca juga: Melepas Penat di Tirta Taman Mumbul Badung yang Asri dan Tenang

Dengan panorama kerajaan taman air yang indah dan udara segar yang begitu memikat, Pura Taman Ayun cocok untuk pertunjukan atraksi spiritual, seni, dan budaya. Sobat Turisian pun akan nyaman dan betah di sini. Kalian juga akan serasa berada di masa kejayaan Kerajaan Mengwi. Taman Ayun adalah simbol sejati dari pesona bangsawan!*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Badung

Pos terkait