Melepas Penat di Tirta Taman Mumbul Badung yang Asri dan Tenang

Tirta Taman Mumbul
Tirta Taman Mumbul, Badung, Bali. (Source: Disparda Bali)

TURISIAN.com – Desa Sangeh di Badung sudah sohor dengan adanya Monkey Forest. Namun selain itu, desa ini pun memiliki spot wisata menarik lainnya, yakni Tirta Taman Mumbul. Tempat ini dapat Sobat Turisian jangkau hanya 5 menit dari Monkey Forest Sangeh.

Tirta Taman Mumbul merupakan sumber mata air yang jernih dan segar. Alam sekitarnya pun sangat indah dengan ratusan pohon yang membuat tempat ini menjadi sejuk dana asri. Sangat cocok banget sebagai tempat untuk Sobat Turisian melepas penat dan merelaksasi tubuh.

Berdasarkan cerita legenda masyarakat, dahulu kawasan ini adalah tempat yang kering. Nah, suatu hari ada seekor babi putih menggali tanah lebih dalam sampai air muncul dari tanah. Air ini semakin lama semakin membentuk sebuah danau, hingga menjadi Tirta Taman Mumbul ini.

Saat ini masyarakat setempat menggunakannya untuk irigasi persawahan. Selain itu, mata air ini dipercaya oleh masyarakat sebagai air suci. Sampai saat ini tempat tersebut juga menjadi tempat pengambilan air suci untuk perayaan pura di sekitar kawasan ini.

Baca juga: Upacara Adat Mekotek, Tradisi Tolak Bala yang Unik dari Badung Bali

Tirta Taman Mumbul Sangeh merupakan tempat suci  karena di taman ini terdapat sebuah pura dan juga menjadi lokasi Upacara Melasti bagi masyarakat Desa Sangeh. Di taman ini pula terdapat sebuah kolam dengan air yang sangat jernih dengan ribuan ikan di dalamnya.

Alam objek wisata tampak hijau nan asri. Dari sisi sebelah selatan kolam, Sobat Turisian bisa menyaksikan indahnya panorama kolam dan sekitarnya. Serta teduhnya pepohonan menaungi sebuah kolam. Pastinya kalian akan betah berada di sini.

Aktivitas & Lokasi di Tirta Taman Mumbul Bali

Tempat ini pun sangat cocok untuk mencari ketenangan atau semacam inspirasi. Pemandangan alamnya yang indah juga menghadirkan spot foto yang eksotik dan instagenic. Asyik buat swafoto atau berfoto ria bersama teman atau keluarga.

Jika Sobat Turisian membawa bekal saat datang ke Tirta Taman Mumbul Badung, bisa menikmatinya dengan tenang di sekitar lokasi. Tapi bagi yang tak membawa bekal bisa mampir ke warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Baca juga: Berkunjung ke Taman Wisata Tirta Gangga Bali yang Indah dan Bikin Jiwa Tenang!

Destinasi wisata Badung ini berada di sebuah kawasan wisata Desa Sangeh Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Taman Mumbul ini terletak kurang lebih 1 km dari objek wisata alam Sangeh. Kalau Sobat Turisian menjangkaunya dari Kota Denpasar, akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 60 menit.*

 

Pos terkait