Berkunjung ke Taman Wisata Tirta Gangga Bali yang Indah dan Bikin Jiwa Tenang!

Taman Wisata Tirta Gangga
Taman Wisata Tirta Gangga, Karangasem, Bali. (Source: Dispar Karangasem)

TURISIAN.com – Kalau ingin sensasi yang berbeda saat liburan di Bali, Sobat Turisian mesti coba berkunjung ke Taman Wisata Tirta Gangga Bali. Sebuah taman buatan yang megah, peninggalan Kerajaan Karangasem. Lokasinya berada di Kabupaten Karangasem.

Berwisata ke Taman Wisata Tirta Gangga ini, Sobat Turisian bisa merasakan panorama alam yang indah dan kemegahan ornamen kerajaan. Bakal menjadi pengalaman yang baru dan menyenangkan. Apalagi jika Sobat Turisian mengajak keluarga

Dulunya, Tirta Gangga Bali ini merupakan taman air milik Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta” yang bermakna air suci dan kata “Gangga” berasal dari nama sebuah sungai suci di India.

Jadi nama taman wisata Tirta Gangga memiliki makna bahwa taman wisata ini memiliki air suci yang berasal dari Sungai Gangga. Sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat pemeluk agama Hindu.

Taman wisata ini berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar yang memanjang dari timur ke barat di kawasan persawahan. Ada tiga bangunan yang mendominasi karakternya, yaitu ada patung, bangunan kolam, dan areal perkebunan. Semua bangunan itu memiliki nilai filosofi tersirat di dalamnya.

Baca juga: Serunya Bermain di Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem Bali

Selain indah, udara di tempat ini pun cukup sejuk karena letaknya di kaki Gunung Agung. Keasrian dan kesejukan lokasinya inilah yang bisa membuat Sobat Turisian nyaman dan betah untuk berlama-lama di objek wisata ini.

Suasana tenang dan damai Tirta Gangga sangatlah cocok untuk menghilangkan kepenatan dan rasa lelah dari aktivitas sehari-hari.

Kolam Suci & Kolam Renang Tirta Gangga Bali

Saat Sobat Turisian tiba di Taman Wisata Tirta Gangga, ada patung-patung berbaris rapi bak prajurit menyambut kalian di gerbang pertama. Masuk ke dalam, Sobat Turisian akan melihat kolam yang megah dan indah.

Di situ, Sobat Turisian dapat berjalan kaki di atas kolam dengan jalan setapak yang terbuat dari batu yang tersusun rapi seperti rangkaian jembatan. Jangan lupa berfoto selfie dulu dengan latar belakang patung-patung yang ada di kolam sehingga tampak lebih berkarakter dan eksotik banget.

Kemudian tak jauh dari kolam terdapat taman yang memiliki menara air setinggi 10 meter. Menara air ini bentuknya berundak-undak laksana atap pura. Air yang ada di kolam Tirta Gangga berasal dari sumber air yang masyarakat setempat anggap suci dan berguna untuk kegiatan upacara adat.

Bukan hanya kolam yang terdapat air suci, ada juga kolam renang yang diperuntukkan bagi wisatawan. Jika ingin berenang di kolam ini, Sobat Turisian harus membayar tiket yang sangat terjangkau.

Kolam tersebut merupakan kolam air sanih yang juga memiliki air jernih dan segar. Kolam renang untuk anak-anak berbeda kedalamannya dengan dewasa. Jangan lupa membawa handuk dan pakaian ganti setelah berenang.

Sehabis lelah berenang dan menikmati keindahan alam di lokasi Tirta Gangga, Sobat Turisian bisa beristirahat sambil mencicipi berbagai menu masakan yang tersaji di restoran di sana, terletak di sebelah atas kolam. Bahkan Sobat Turisian juga dapat membeli suvenir dan oleh-oleh di pusat oleh-oleh yang terdapat di Taman Wisata Tirta Gangga.

Lokasi Taman Wisata Tirta Gangga

Destinasi Taman Wisata Tirta Gangga berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Terletak sekitar 5 kilometer sebelah utara dari pusat Kota Amlapura.

Baca juga: Megibung, Tradisi Makan Bersama Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Jika Sobat Turisian berangkat dari Kuta akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Dengan jarak menacapai 75 kilometer.*

 

Pos terkait