Bale Indung Rahayu Purwakarta, Museum Perjalanan Hidup Manusia dan Budaya Sunda

Bale Indung Rahayu Purwakarta
Spot info tentang upacara adat 7 bulanan di Bale Indung Rahayu. (Source: Disporaparbud Purwakarta)

TURISIAN.com – Berwisata ke Purwakarta tak melulu mengunjungi Waduk Jatiluhur atau Air Mancur Sri Baduga. Namun Sobat Turisian bisa juga mendatangi objek wisata edukasi untuk menambah wawasan. Ada banyak tempat wisata edukasi di kabupaten ini, salah satunya Bale Indung Rahayu.

Bale Indung Rahayu merupakan sebuah museum yang memiliki arti nama “Tempat Kemuliaan Ibu”. Museum tersebut berlokasi di Jalan RE Martadinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Saat memasuki Bale Indung Rahayu Purwakarta, Sobat Turisian bisa melihat penataan ruangan yang rapi dengan estetika dan teknologi digital yang keren. Di dalamnya Sobat Turisian bisa menanmbah pengetahuan mengenai proses perjalanan hidup manusia, dari mulai dalam kandungan sampai akhir hayat.

Baca juga: Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Sajikan Air Mancur Menari yang Memukau

Di objek wisata Purwakarta ini, ada pula informasi penjelasan tentang peran seorang ibu yang penuh pengorbanan merawat anak dengan sentuhan budaya Sunda. Terdapat juga banyak kisah yang dimulai dengan cerita dan ungkapan Sunda yang sering mengiringi seorang ibu ketika hamil dan melahirkan.

Koleksi Budaya Sunda di Bale Indung Rahayu

Tak hanya itu, Bale Indung Rahayu Purwakarta pun menyajikan informasi beberapa permainan anak khas Sunda tempo dulu. Bentuknya berupa lukisan, foto, hingga beberapa bentuk fisik yang bisa Sobat Turisian mainkan saat berkunjung ke sini, seperti congklak. Namun, ada pula beberapa jenis mainan yang hanya dipajang dan tidak boleh Sobat Turisian mainkan.

Berikutnya, wisata edukasi Purwakarta ini, memiliki ruangan yang menggambarkan bahwa Tanah Sunda identik dengan hutan dan alam yang harus tetap lestari dan terjaga. Lanjut lagi ke ruangan selanjutnya, Sobat Turisian bisa melihat koleksi miniatur rumah adat Sunda, gambar pakaian adat Sunda, alat musik tradisional khas Sunda.

Baca juga: 3 Sate Maranggi Paling Ngehits, Asli dari Purwakarta

Lalu ada juga koleksi berupa peralatan dapur tradisional khas Sunda dan juga pajangan makanan tradisional khas Sunda. Semua koleksi museum di Purwakarta ini terpajang dengan penataan yang estetis, serta dukungan teknologi digital sehingga menarik untuk melihatnya.*

 

Pos terkait