Serunya Bermain di Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem Bali

Rumah Pohon Bukit Lemped
Rumah Pohon Tertinggi di Bukit Lemped, Karangasem, Bali. (Source: Dispar Karangasem)

TURISIAN.com – Bosan liburan di Bali ke pantai terus? Yuk kita coba ke Karangasem, di sana ada tempat wisata unik. Sobat Turisian akan diajak naik pohon lewat jembatan gantung yang menegangkan tapi seru. Tempatnya berupa Rumah Pohon di Bukit Lemped.

Di rumah pohon Bukit Lemped ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan panorama alam Karangasem dari ketinggian. Terutama bagi anak “zaman now” tempat wisata Bali ini pasti bikin happy, soalnya mereka pasti jarang sekali merasakan serunya memanjat pohon.

Destinasi wisata Karangasem ini hadir pada tahun 2017, berlokasi di Desa Pladung, Kelurahan Padang Kerta, Kabupaten Karangasem, Bali. Di bukit ini tumbuh berbagai pohon tropis, seperti pohon bundut, jati, kelapa, randu, dan pohon lainnya dan menghadirkan jajaran rumah pohon yang unik dan indah.

Konon, rumah pohon di Bukit Lemped diklaim sebagai yang tertinggi di Bali. Karena tinggi rumah pohon tersebut mencapai 40 meter.

Baca juga: Megibung, Tradisi Makan Bersama Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Selain menjadi kesukaan anak muda, tempat wisata ini juga cocok untuk Sobat Turisian yang menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anak.

Main di Rumah Pohon Bukit Lemped

Rumah Pohon Bukit Lemped milik keluarga Mudita ini terlihat jelas dari pinggir jalan raya utama yang menghubungkan destinasi Tirta Gangga dan Kota Amlapura di Karangasem. Jadi mudah terlihat karena berada di dataran tinggi, di sebidang bukit kurang dari setengah hektar. Tambah rumah pohonnya juga cukup tinggi.

Saat Sobat Turisian tiba di tempat ini pasti akan terpana dengan kehebatan sang pembuat. Tampak jembatan-jembatan panjang dan pendek mengular di dahan-dahan pepohonan. Berujung di pondokan-pondokan dari kayu dan ranting. Ada yang berbentuk sarang burung, landasan papan, dan lainnya. Pokoknya keren banget!

Di objek wisata Bukit lemped ini, sedikitnya ada empat landasan atau yang disebut rumah-rumah pohon. Rumah pohon tertinggi mencapai 45 meter. Ketinggian yang cukup menantang terutama saat melalui jembatan gantung atau undakan melingkar menuju rumah pohon tersebut.

Dari atas rumah pohon tertinggi itu, Sobat Turisian akan terbuai dengan pemandangan sekitar yang memesona. Ada hamparan sawah, perbukitan, pemukiman sekitar, dan Gunung Agung di arah Timur.

Baca juga: Bali Park Dasong Tawarkan Wisata MTB, Penggemar Sepeda Gunung Wajib ke Sini!

Sobat Turisian juga harus coba spot paling menantang di Bukit Lemped Bali ini. Yaitu melintasi sebuah jembatan panjang sekitar 50 meter yang terbentang antara satu pohon ke pohon lainnya. Ada jalur yang melewati sungai kecil dan sawah di bawahnya. Wow bikin adrenalin terpacu tapi sangat seru dan berkesan, Sobat Turisian!*

Pos terkait