Wali Kota Bima Arya Lepas Peserta Ciliwung Couple Ride, Apa Pesannya?

Ciliwung Couple Ride
Wali Kota Bogor Bima Arya mengibarkan bendera start, tanda dimulainya gowes Ciliwung Ride Couple, Minggu pagi 5 Juni 2022. (Turisian.com/Djati)

TURISIAN.com – Wali Kota Bima Arya melepas peserta Ciliwung Couple Ride yang memulai start dari Boxies 123 Mall, Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat pukul 07.25 wib, Minggu 5 Juni 2022.

Event gowes ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Lingkungan Hidup dengan tema Indonesia “Satu Bumi untuk Masa Depan”. Yang mana, merupakan turunan dari tema Internasional “Only One Earth”

Terkait momen tersebut, Bike to Work Bogor bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung Bogor dan Bianglala Adventure melepas 53 pasangan peserta “Ciliwung Couple Ride”.

Mereka nanti, dalam tujuan akhir akan melakukan bersih bersih sampah sungai Ciliwung pada kawasan Delta 15 Villa Bogor Indah, Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya saat memberikan sambutan sebelum melepas peserta gowes Ciliwung Couple Ride. Foto: Turisian.com/Djati

BACA JUGA: Sahabat Ke-Bike-an Bogor Telusuri Sungai Ciliwung, Acara Apa Ya?

Begini Pesan Wali Kota Bima Arya

Dalam sambutannya sebelum mengibarkan bendara start, Bima Arya berharap kegiatan lingkungan hidup ini bisa terlaksana dengan “hati”, sehingga tidak sekedar seremonial dan bisa berkelanjutan.

“Lakukan dengan sepenuh hati, bahwa kita benar-benar menginginkan lingkungan yang bersih dan hijau. Kegiatan seperti ini, tidak boleh berhenti sampai disini. Harus terus berlanjut sebagai upaya kita menjaga bumi,” pesannya.

Acara Ciliwung Couple Ride juga menjadi bagian dari rangkaian acara hari jadi kota Bogor ke 540. Dengan tema Baswara Kastara Loka. Kota yang termasyhur dengan keindahan alamnya.

“Dan ini bisa tercapai, jika kita hanya dapat dengan terus menjaga keharmonisan lingkungannya,” lanjut Bima.

Wali Kota Bima Arya menyempatkan menyalami peserta gowes Ciliwung Couple Ride yang mengambil start di Boxies 123 Mall, Tajur. Foto: Turisian.com/Djati

BACA JUGA: Ingin Coba Sosis Premium Ala Jerman, Datang aja ke Puncak Bogor

Suparno dari Komunitas Ciliwung Bogor menjelaskan, masalah sampah sepanjang sungai Ciliwung harus menjadi concern semua pihak.

“Saat ini usaha yang perlu kita lakukan adalah, bagaimana terus merawat air bagi Kota Bogor dan Jakarta,” katanya.

Sungai Menjadi Sumber Kehidupan

Hal senada juga keluar dari pernyataan Roni Wang, selaku Ketua Panitia Ciliwung Couple Ride. Bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya turus serta dalam melestarikan lingkungan hidup.

Sungai adalah sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. Ia punya peran penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Foto bersama peserta dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya. Foto: Turisian.com/Djati

BACA JUGA: Cerita Dibalik Event Gowes Anudax 2022, Siapa Goweser Haryoko?

Tak hanya membawa berkah, sungai juga dapat menjadi persoalan jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan dan mengelolanya.

“Untuk itu, kami mencoba untuk ikut ambil bagian dalam upaya mempertahankan sungai bersih dan lingkungan yang hijau,” lanjut Roni.

Dalam kegiatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, kata Roni, lokasi yang dipilih adalah Sungai Ciliwung. Dimana, sungai ini memiliki peran sangat penting bagi masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Terlebih, bagi masyarakat Bogor itu sendiri.

Dengan tema Ciliwung Couple Ride penyelenggara berharap peserta dapat berdiskusi langsung di lapangan untuk menganalisa masalah ciliwung. ****

Pos terkait