Sahabat Ke-Bike-an Bogor Telusuri Sungai Ciliwung, Acara Apa Ya?

Sahabat Ke-Bike-an Bogor
Sahabat Ke-Bike-an Bogor menggelar event Ciliwung Couple Ride, Minggu 5 Juni 2022. Foto: Ist

TURISIAN.com – Sahabat Ke-Bike-an Bogor besok, Minggu 5 Juni 2022 bakal menelusuri Sungai Ciliwung Bogor, Jawa Barat.

Sedikitnya ada 100 goweser yang tergabung dari B2W Bogor, Bianglala Adventure dan Komunitas Peduli Ciliwung).

“Nanti akan ada 106 orang peserta gowes yang akan ikut terlibat dalam acara ini. Namun, kalau secara keseluruhan ada 200 orang. Termasuk tim lainnya yang akan ikut membersihkan sungai,” kata Roni Wang, Ketua Panitia Ciliwung Couple Ride ketika dihubungi Turisian.com, Sabtu 4 Juni 2022.

Ciliwung Couple Ride hadir sebagai upaya turut serta dalam melestarikan lingkungan hidup. Khususnya, menyambut Hari Lingkungan Hidup, besok.

Sungai adalah sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. Ia punya peran penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Cerita Dibalik Event Gowes Anudax 2022, Siapa Goweser Haryoko?

Tak hanya membawa berkah, sungai juga dapat menjadi persoalan jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan dan mengelolanya.

“Untuk itu, kami mencoba untuk ikut ambil bagian dalam upaya mempertahankan sungai bersih dan lingkungan yang hijau,” lanjut Roni.

Dalam kegiatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, kata Roni, pilihan lokasinya adalah Sungai Ciliwung. Karena, sungai ini memiliki peran sangat penting bagi masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Terlebih, untuk masyarakat Bogor itu sendiri.

Dengan tema Ciliwung Couple Ride penyelenggara berharap peserta dapat berdiskusi langsung ke lapangan untuk menganalisa masalah ciliwung.

BACA JUGA: Memilih Sepeda untuk Event Gowes, Simak Edisi Spesial Ini

Ini Alasan Pilihannya dengan Sepeda

Kenapa sepeda?

“Sepeda merupakan alat transportasi ramah lingkungan saat menelusuri sungai dan dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit dengan alat transportasi lainnya,” ungkap Roni.

Kegiatan bersepeda ke sekitar Sungai Ciliwung, menurutnya, dapat membangun kecintaan masyarakat pada sungai dan membangkitkan kepeduliannya atas berbagai permasalahan yang ada pada sungai, seperti masalah sampah.

Berharap, event ini juga akan menjadi ajang edukasi bagi pesepeda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terkait penggunaan plastik-sekalipakai.

BACA JUGA: Event Anudax 2022 Sukses Digelar, Respons Positif dan Antusias Peserta Cukup Tinggi

Hal ini akan mendukung program Kota Bogor sebagai Plastic Smart City, dengan menyusuri dan melihat langsung permasalahan Sungai Ciliwung.

Peserta nantinya dapat bercerita dan berbagi apa yang mereka lihat saat berada dekat Sungai Ciliwung kepada khalayak yang lebih luas melalui media sosial.

Roni Wang. Foto: Ist

“Selain itu, juga mendukung gerakan ‘zero Waste cycling’ atau bersepeda dengan meminimalisir sampah terutama plastik sekali pakai,” jelas Roni terkait penyelenggraan event Sahabat Ke-Bike-an Bogor itu.

Selanjutnya, pihaknya berusaha mengurangi penanganan sampah plastik sekali pakai dialam bebas. Khususnya, di sungai ciliwung dengan target 100 karung atau setara dengan 500kg sampah plastik dan residu.

BACA JUGA: Event Gowes Anudax 2022 Kembali Hadir, Sebelumnya Simak Sejarahnya Ini

Rute yang Dilewati

Acara sendiri, akan start dari Boxies Mall (Tajur) kemudian finish Delta 15 Ciliwung Via Tajur.

  • Check Point (CP) 1 Jembatan Pandan Sari (bawah toll), Bendung Katulampa, Parung Banteng, Koffie by Sarah.
  • CP 2 SKI, Tajur, Pajajaran, Baranangsiang, Babakan Pasar, Pulo Geulis
  • Check Point 3 Jembatan Pemuda (Klenteng Phan Ko Bio), Jalan Otista, Juanda, Jalak Harupat,Sempur, Bantarjati, Ciremai Ujung, Pasar Jambu Dua, Kol. Enjo
  • Check Point 4 Tempat Pembuangan Sampah Sementara Sempur
  • CP 5 (Saung Teplan),Kedungbadak Jembatan Cibuluh, Kedung Badak Baru, Soleh Iskandar, Patung Narkoba, Graha Indah, PKPN, Kampung Bebek, Delta 15 Sungai Ciliwung VIla Bogor Indah III, Kel Kedung Halang Bogor.

Untuk mengetahui lebih jauh syarat dan ketentuan untuk mengikuti kegiatan Ciliwung Couple Ride bisa klik disini.

***

Pos terkait