Goa Hawang Pulau Kei Kecil yang Eksotis dengan Kolam Air Biru Bening

Goa Hawang Maluku
Goa Hawang Pulau Kei Kecil Maluku. (Source: Pemkab Maluku Tenggara)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang senang dengan wisata susur gua dengan berbagai keindahannya di dalam kegelapan, wajib menyambangi Goa Hawang. Tempatnya ada di Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara.

Tepatnya berada di Desa Letvuan, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Berjarak kurang lebih 15 km dari Langgur, Ibu Kota Maluku Tenggara.

Goa Hawang sering disebut Air Goa karena memiliki kolam air yang bening berwarna biru yang bisa menggoda Sobat Turisian untuk segera berenang. Sebagai salah satu objek wisata alam Maluku, gua ini menyajikan keindahan yang memesona. Sekelilingnya hutan dengan stalagtit dan stalagmit yang menghiasi atap dindingnya.

Untuk bisa sampai ke objek alam ini, Sobat Turisian harus menelusuri beberapa meter jalan setapak yang menurun. Sedikit menguras tenaga, tapi setelah tiba di lokasi semua kelelahan akan terbayar dengan kesejukan di mulut Goa Hawang.

Baca juga: Pulau Dodola, Surga Keindahan Alam di Pulau Morotai Maluku Utara

Begitu tiba di gua, Sobat Turisian akan langsung melihat bebatuan besar yang tampak terukir alami, menggantung di mulut gua. Bentuknya mirip ujung tombak yang indah terkena pantulan sinar matahari, sangat memukau.

Kolam Air Biru Jernih di Goa Hawang Maluku

Umumnya gua akan berlantai tanah, namun Goa Hawang cukup unik sebab memiliki lantai yang sepenuhnya kolam air. Air kolamnya berwarna biru nan jernih akan memikat mata dan memberikan rasa ketentraman tersendiri.

Bahkan saking jernihnya, Sobat Turisian bisa langsung melihat dasar gua tanpa perlu bantuan alat. Kalian juga bisa memilih langsung berenang dan menyelam lantaran airnya yang sangat sejuk dan menyegarkan.

Spo favorit untuk berenang di tempat ini berada di titik pelataran mulut gua. Saat di dalam air, Sobat Turisian akan bisa melihat dengan jelas dasar kolam maupun objek di luar kolam, kejernihannya seperti kaca bening.

Air Goa Hawang sendiri berasal dari sungai bawah tanah yang terhubung langsung dengan Mata Air Evu, sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei. Destinasi wisata Maluku ini terdiri dari dua buah gua yang berjarak sekitar 15 meter.

Kedua gua itu terhubung dengan sungai bawah tanah. Sobat Turisian dapat mengunjungi kedua gua tersebut dengan menyelam melewati sungai bawah tanahnya.

Baca juga: Inilah 4 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Di luar keindahan alamnya yang menawan, Goa Hawang menyimpan kisah mistis yang melegenda dalam masyarakat Kei. Mitos tersebut berhubungan dengan beberapa buah batu di pintu masuk gua yang melambangkan seorang pria memegang tombak bersama dua ekor anjingnya. Nama “Hawang” sendiri dalam bahasa masyarakat setempat berarti setan atau hantu.*

 

Pos terkait